Diary Fimela: Cerita Kartika Sanrego,dari Hobi Masak Bisa Jadi Bisnis Rumahan yang Menggiurkan

Anisha Saktian Putri18 Okt 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 09:30 WIB
Cerita Kartika, perempuan yang hobi masak hingga bisa jadi bisnis rumahan dan bantu usaha suami

Fimela.com, Jakarta Kisah inspiratif datang dari perempuan yang memiliki keterkaitan erat di dunia masak-memasak. Kartika Sanrego memiliki keinginan sejak awal untuk terjun ke bisnis kuliner, namun baru tahun lalu perempuan yang akrab disapa Ika ini fokus mengawali usaha kuliner dengan aktif membagikan unggahan melalui Instagram @kartikaskitchendiary.

Menu utama yang disajikan dari dapurnya kebanyakan merupakan olahan makanan laut. Hal ini dikarenakan  kebanyakan pelanggannya menggemari masakan olahan dari kepiting dan cumi-cumi.

Sebelum bisnis kuliner Kartika dikenal jauh, perempuan yang gemar memotret ini hanya senang memasak untuk keluarganya saja. Seiring berjalannya waktu, banyak yang mengapresiasi kualitas rasa makanannya.

Ia bahkan berpendapat bahwa harus bisa selalu menjaga kualitas rasa makanan.

Kegemarannya ini dimulai sejak masih duduk di bangku sekolah, kendati demikian ia baru benar-benar aktif berjualan setelah beranjak dewasa.

“Dulu waktu kelas 3 SD, saya pertama kali memasak roti bakar sendiri namun sempat dikhawatirkan ibu saya. Lama-lama keluarga memahami namun tetap diminta berhati-hati dengan kompor, sampai ketika SMP saya mulai bisa masak-masak besar,” ujar Ika kepada Fimela

Bantu usaha suami

Cerita Kartika, perempuan yang hobi masak hingga bisa jadi bisnis rumahan dan bantu usaha suami
Cerita Kartika, perempuan yang hobi masak hingga bisa jadi bisnis rumahan dan bantu usaha suami

Selain memiliki usaha kuliner, Ika dan suami tengah memiliki usaha ekspedisi PT Lintas Anugerah Pertama. Perusahaan ekspedisi ini bergerak di bidang ekspor dan impor menggunakan peti kemas.

Usaha kuliner Ika banyak memprioritaskan makanan seafood sejalan dengan usaha ia bersama suami yang juga banyak menerima ekspor makanan laut khususnya frozen food. Bahan baku yang dikirim biasanya dalam bentuk komoditas seperti hasil bumi dan frozen seafood.

Adapun usaha ekspedisi sudah lebih dulu dikerjakan bersama suami sejak lima tahun lalu. Sedangkan bisnis kuliner Ika masih terbilang baru, namun tidak kalah ramai sebab banyak pembeli yang mengorder porsi besar.

“Menu favorit biasanya ada paru ungkep, ayam suwir, dan empal suwir. Langganan saya biasanya repeat order, mungkin karena saya suka memberikan bumbu rempah yang berlimpah kepada pembeli,” ungkap pemilik akun Instagram @kartikasanrego. 

Dengan memiliki lebih dari 15 ribu pengikut di Instagram, Ika juga sering mendapatkan tawaran endorsement di akun Instagram pribadi miliknya. Dua akun Instagram miliknya sangat berpengaruh bagi usaha-usaha yang tengah dijalankan oleh Ika. 

Usaha dapur yang digelutinya juga terbantu dengan banyaknya orang yang tertarik membeli olahan masakan dari perempuan yang tinggal di kawasan Pluit, Jakarta Utara. 

“Semenjak main Instagram hingga saat ini terhitung ada beberapa endorsement yang masuk, namun memang belum saya fokuskan dulu. Nanti kalau tim masak-masak saya sudah besar ada kemungkinan saya bisa menggunakan platform untuk mengembangkan bisnis saya termasuk juga menerima permintaan kerjasama dari brand lain,” celetuknya. 

Keinginan terus membesarkan usahanya ini juga Ika pelajari ketika membangun perusahaan ekspedisi. Saat ini usaha ekspedisi Ika sudah melayani pengiriman makanan laut hingga ke China dan Jepang.

Tidak menutup kemungkinan juga ke negara-negara lainnya, termasuk negara tetangga. Usaha kulinernya sendiri juga sudah banyak permintaan sampai ke luar kota. 

“Sempat ada kirim orderan ke Padang, Surabaya dan Semarang. Ada yang mengikuti profil usaha kemudian minta diantarkan,” ujar Ika. 

Ika berharap dengan banyaknya ketertarikan orang-orang pada masakannya membuat usahanya semakin berkembang hingga dapat membuka cabang.

Meskipun saat ini, Ika masih berfokus pada mengembangkan berbagai varian menu. Olahan laut masih menjadi primadona bagi para langganan lama, tetapi tidak menutup kemungkinan akan menambahkan konsep baru di Kartika’s Kitchen Diary.

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela