7 Penyebab Nasi Cepat Basi yang Harus Kamu Tahu

Vania Al kautsar07 Des 2021, 12:28 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 13:51 WIB
Nasi - Vania

Fimela.com, Jakarta Pagi hari biasanya kita akan memasak nasi, lauk, dan lainnya untuk sarapan. Biasanya nasi akan dibiarkan dalam rice cooker dari pagi hingga makan malam atau ditaruh pada wadah nasi agar lebih hemat listrik.

Nasi sendiri merupakan salah satu bahan pokok dalam banyak makanan. Ada banyak jenis beras yang biasa kita makan, termasuk putih, merah, basmati, atau beberapa lainnya. Namun, kamu pasti bertanya-tanya berapa lama nasi dapat disimpan dan apakah dapat basi?

Saat kita akan makan dan mengetahui nasi basi tentu membuat kita sedih, terlebih membuang nasi bukanlah hal yang baik. Berikut beberapa penyebab nasi cepat basi yang perlu kamu tahu:

1. Rice Cooker Kotor

Rice Cooker - Vania
Ilustrasi Rice Cooker/https://unsplash.com/Katherine Chase

Kita juga perlu memperhatikan kebersihan rice cooker, karena kebersihan rice cooker dapat mempengaruhi daya tahan nasi. Terlebih jika rice cooker yang kamu gunakan pernah memanaskan nasi yang basi.

Bau dari nasi basi tersebut akan menempel pada panic rice cooker dan mempengaruhi kualitasnya saat memasak. Kamu dapat membersihkan rice cooker secara rutin dan memastikan tidak terdapat sisa nasi yang menempel pada panci rice cooker.  

2. Rice Cooker Tidak Tertutup Rapat

Selanjutnya jika kamu memasak nasi di rice cooker, ia akan menjaga suhu uap untuk menjaga daya tahan nasi. Selain itu kamu dapat memperhatikan tutup rice cooker, apakah sudah tertutup rapat atau belum. Jika terdapat celah yang muncul maka akan menjadi jalan keluar masuk udara yang akan menganggu suhu di rice cooker.

3. Nasi Tidak Segera di Aduk setelah Matang

Nasi - Vania
Ilustrasi Nasi/https://unsplash.com/Faris Mohammed

Daya tahan nasi tidak hanya bergantung pada penggunaan rice cooker, namun kebiasaan kamu tidak mengaduk nasi setelah matang. Jika kamu salah satu orang yang jarang mengaduk nasi setelah matang maka akan membuat nasi tersebut cepat basi.

Uap air yang terperangkap di antara nasu tersebut tidak bisa keluar jika tidak di aduk. Padahal uap tersebutlah yang dapat menyebabkan nasi cepat berair dan basi.

4. Terlalu Banyak Air saat Menanak Nasi

Mungkin ketika kamu belum tahu takaran air yang pas untuk menanak nasi dapat membuat nasi lebih lembek. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan jenis beras dan rekomendasi jumlah air pada kemasan beras. Jika dalam kemasan tidak terdapat takarannya kamu dapat mengira-ngira. Kebanyakan orang akan mengisi jumlah air untuk nasi setinggi satu buku jari telunjuk.

5. Kurang Sempurna Memanaskan Nasi

Makanan dengan Kandungan Karbohidrat yang Tinggi
Ilustrasi Nasi Credit: pexels.com/pixabay

Apapun jenis makanan, cara memanaskan makana harus sampai makanan panas ke dalamnya. Begitu pula dengan nasi, jika kamu ingin memanaskan nasi dengan microwave maka harus memastikan memanaskan sampai sempurna. Apabila nasi kurang panas, biasanya akan cepat basi.

6. Steam Outlet yang Jarang Dibersihkan

Steam outlet atau dikenal lubang pengeluaran uap di rice cooker juga harus rutin dibersihkan. Jika kamu jarang membersihkannya biasanya akan mengurangi kemampuan untuk mengeluarkan uap di rice cooker. Saat memasak terkadang ada beberapa butie yang masuk ke dalam lubang pengeluaran uap.

7. Kapasitas Listrik yang Rendah

Kapasitas listrik juga menjadi salah satu penyebab nasi cepat basi lho. Masing-masing alat elektronik biasanya akan memiliki voltase yang berbeda, begitu pula dengan rice cooker. Tegangan listrik di rumah yang sering turun atau mati lampu, akan membuat rice cooker tidak berfungsi secara maksimal.  

Itulah beberapa penyebab nasi cepat basi yang perlu kamu tahu. Ada baiknya jika kamu menghindari beberapa hal di atas agar nasi tahan lebih lama. Kamu juga perlu memperhatikan hal lain yang mungkin dapat membuat nasi cepat basi.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela