Sukses

Food

Resep Sourdough Bread

Fimela.com, Jakarta Ada banyak sekali macam roti di dunia ini, salah satunya adalah sourdough bread. Roti yang sekilas mirip roti tawar ini dibuat dengan bahan yang sangat sederhana namun proses resting-nya cukup lama, yaitu semalam. Meski demikian, teksturnya jadi unik dan enak dinikmati dengan segala topping. Untuk mengisi waktu ketika liburan atau untuk camilan harian keluarga, boleh nih coba sourdough bread khas Eropa. Ini resepnya.

Bahan sourdough starter:

  • 400 gr air hangat
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung gandum

Feeding:

  • 2 sdm tepung terigu
  • 5 sdm air

Bahan sourdough bread:

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 150 ml air
  • 75 gr starter
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Buat starter lebih dulu. Campurkan semua tepung dengan air di dalam wadah plastik. Aduk rata hingga menjadi adonan lembek. Siapkan stoples kaca yang kedap udara.
  2. Tuang adonan ke dalam wadah. Diamkan adonan starter selama 2 hari agar terfermentasi. Ambil 1 sdm starter dengan 50 gr tepung dan 50 gr air . Masukkan lagi ke dalam wadah starter. Pastikan wadah starter agak besar atau  tinggi karena akan mengembang. Lakukan hal yang sama 3 harinya lagi.
  3. Bentuknya akan lembek, lentur dan berongga-rongga.
  4. Keluarkan starter. Jika sudah tercium aroma asam, ambil starter 1 sendok makan, tuang ke atas air, jika mengapung berarti sudah bagus. Campurkan dengan air, tuang ke dalam tepung yang akan dibuat sourdough. Uleni selama 15 menit. Bulatkan.
  5. Siapkan mangkuk rotan. Taruh adonan, tutup dan diamkan selama 1 jam.
  6. Uleni sebentar dengan menarik adonan dari luar ke dalam.
  7. Beri garam selama menguleni. Bulatkan, diamkan lagi 1 jam. Beri sayatan di permukaannya agar memberikan tampilan menarik dan agar roti bisa memiliki ruang untuk mengembang.
  8. Pindahkan ke atas parchment paper, panaskan oven selama 10 menit.
  9. Panggang adonan selama 30-35 menit dengan suhu tinggi 220 derajat Celcius. Jika sudah mengembang kecokelatan, diamkan hingga agak hangat, keluarkan.

Potong-potong sourdough bread dan siap dinikmati.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading