Sukses

Food

Seafood Jadi Tahan Lama dan Tetap Segar dengan Cara Ini!

Fimela.com, Jakarta Untuk menyimpan seafood agar tetap segar dan tidak busuk kamu perlu menempatkannya di tempat yang dingin dan beku. Mikroba atau patogen akan tumbuh cepat pada suhu 5 derajat sampai 60 derajat celcius. Jadi, usahakan seafoodnya tidak terpapar dengan suhu tersebut dalam jangka waktu yang lama yaa sahabat fimela. Kondisi seafood yang disimpan juga akan mempengaruhi kualitas seafood yang ingin dimakan lho! Oleh karena itu, pastikan seafood yang kamu beli dalam keadaan segar dan sudah dibersihkan. Nah, berikut cara menyimpan beberapa jenis seafood yang paling banyak dikonsumsi khususnya oleh orang Indonesia.

1. Cumi-Cumi

Hayo siapa yang suka makan cumi? Pengen tau gimana cara menyimpan cumi agar tetap segar? Caranya mudah banget kok yaitu kamu cukup membersihkan cumi dan membilasnya dengan air. Buang bagian kepalanya yang bertekstur seperti plastik dan pastikan semua tinta pada cumi sudah dibersihkan. Simpan cumi-cumi di wadah tertutup dan masukan ke dalam kulkas. Jangan lupa juga atur suhunya yaa dan juga konsumsilan cumi maksimal 2 hari setelah dibeli ya.

2. Ikan

Untuk jenis ikan yang biasa dimasak di rumah, sebelum menyimpannya di freezer atau box pendingin pastikan kamu sudah membersihkan sisik dan perut ikan ya. Setelah itu, baru deh kamu bisa menyimpan seafoodnya dan jangan lupa simpai di dalam wadah yang tertutup sebelum dimasukan ke dalam freezer agar baunya tidak menyebar ke makanan lain. Biasanya ikan kamu akan tetap segar 2-3 hari. Jika kamu ingin menyimpannya lebih lama, kamu bisa masukan ikan setelah dibersihkan ke dalam plastik zipper. Dengan cara itu, kamu bisa menyimpan ikan sampai dengan hitungan bulan.

3. Udang

Siapa disini penggemar udang? Ya seafood yang satu ini paling banyak penggemarnya. Tapi ada juga orang-orang yang ga bisa makan udang karena alergi. Nah, kalo kamu mau beli udang atau kerang sebaiknya di hari yang sama saat kamu membelinya. Namun, jika kamu mau menyimpannya bersihkan terlebih dahulu dan simpan di freezer menggunakan wadah tertutup atau plastik zipper ya agar udangnya bisa bertahan lama.

Itu dia beberapa cara menyimpan seafood yang sahabat fimela bisa lakukan di rumah supaya seafood yang kamu beli tetap segar dan enak untuk dimasak.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading