7 Makanan Penyebab Wasir yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Kezia Prasetya Christvidya20 Jan 2022, 07:27 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 07:27 WIB
makanan-kezo

Fimela.com, Jakarta Wasir atau ambeien adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan, dan membuat penderitanya kesusahan saat buang air besar. Karena wasir menyebabkan munculnya benjolan di area anus karena pembengkakan pada pembuluh darah vena.

Penyakit hemoroid atau wasir ini tidak menular kepada orang lain, tetapi wasir bisa disebabkan karena faktor keturunan. Penyakit ini juga bisa muncul pada saat seorang perempuan sedang hamil, saat mengalami diare kronis dan sedang sembelit.

Untuk menghindari penyakit wasir semakin parah, ada baiknya Sahabat Fimela menghindari beberapa makanan penyebab wasir. Berikut makanan penyebab wasir yang tidak boleh dikonsumsi, dilansir dari Liputan6.com:

Makanan Penyebab Wasir

makanan-kezo
ilustrasi makanan penyebab wasir/Brooke Lark/unsplash

1. Makanan Pedas

Saat mengalami wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas yang menyebabkan perut terasa panas. Makanan pedas juga bisa memicu munculnya feses berdarah, memperparah kondisi wasir dan bagian anus semakin meradang.

2. Produk Olahan Susu Sapi

Produk olahan susu sapi memang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tetapi bagi yang intoleran dengan susu sapi dan memiliki wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi produk olahan susu sapi seperti keju, yogurt, mentega, dan makanan yang mengandung olahan susu sapi.

3. Daging Merah

Makanan penyebab wasir yang selanjutnya adalah daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, daging kuda dan daging kerbau. Daging merah sangat susah untuk dicerna, sehingga mengonsumsi daging merah bisa menyebabkan sembelit, dan memicu peradangan anus penyebab wasir.

4. Makanan Tinggi Lemak

Mengonsumsi makanan tinggi lemak bisa menyebabkan wasir semakin parah. Sama seperti daging merah, makanan tinggi lemak juga susah untuk dicerna sistem pencernaan. Hal ini menyebabkan makanan mengeras di dalam perut, sehingga susah untuk di keluarkan dan memicu munculnya wasir.

Makanan Penyebab Wasir

makanan-kezo
ilustrasi makanan/Polina Tankilevitch/pexels

5. Makanan Olahan

Makanan olahan termasuk makanan penyebab wasir. Makanan olahan ini dimasak melalui proses pemanasan, pengeringan, pengalengan, pembekuan dan pengemasan. Makanan olahan ini tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, sehingga menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun dan wasir semakin parah.

6. Makanan Asin

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin bisa meningkatkan kadar garam. Garam bisa membuat wasir semakin parah, dan sistem pencernaan menjadi terganggu. Tingginya kandungan garam juga berpotensi menyebabkan serangan jantung.

7. Soda dan Alkohol

Penyebab wasir yang terakhir adalah soda dan alkohol. Minuman ini bisa menyebabkan kerusakan ginjal, stroke dan menyebabkan jantung. Kandungan di dalam soda dan alkohol bisa membuat perut kembung dan berisiko wasir.

Penyebab Wasir yang Lainnya

wasir-kezo
ilustrasi Gejala dan Penyebab Wasir yang Harus Diwaspadai/pexels

1. Tubuh Dehidrasi

Ada penyebab wasir yang lainnya, seperti tubuh yang dehidrasi atau kurang mengonsumsi cairan. Tubuh yang dehidrasi bisa membuat feses mengeras dan kering. Untuk itu, konsumsilah air putih minimal 2liter sehari atau setara dengan 8 gelas perharinya.

2. Terlalu Sering Duduk dalam Jangka Waktu Lama

Ternyata duduk terlalu lama juga menjadi penyebab penyakit wasir. Duduk terlalu lama membuat peredaran pembuluh darah vena menjadi tidak lancar. Hal ini bisa memicu munculnya benjolan wasir di area anus, dan membuat sakit saat buang air besar.

3. Masa Kehamilan

Bagi seorang perempuan, wasir bisa muncul pada saat masa kehamilan. Penyakit wasir ini sangat umum terjadi pada ibu hamil, apalagi saat usia kandungannya semakin membesar. Hal ini disebabkan karena tekanan pada rahimnya semakin kuat, yang menekan pembuluh darah vena dan menyebabkan benjolan di area anus.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela