Sukses

Food

6 Tips Memilih Makanan Sehat di Warteg yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Makanan rumahan emang paling enak, tapi kalau buat sahabat fimela yang ngekost, sibuk kerja, dan males masak pasti tempat tujuannya adalah warteg (warung tegal). Makanan warteg tidak bisa disamakan dengan makanan di pinggir jalan walaupun sama-sama enak tapi jelas berbeda. Sebab, makanan warteg punya ciri khas yaitu makanan rumahan yang mempunyai banyak pilihan serta harganya yang murah. Biasanya menu andalan yang paling sering dijual adalah telur balado, tempe orek, sayur sop, ayam goreng, dan lain-lain. Namun, gimana caranya supaya sahabat fimela tahu kalau makanan di warteg itu sehat? Jangan khawatir, berikut tips memilih makanan sehat di warteg.

1. Pilih menu ikan

Dibanding daging, ikan kaya akan lemak baik seperti omega 3, vitamin D, dan celenium. Ikan yang banyak mengandung omega 3 adalah ikan tuna, ikan makarel, dan sarden. Buat sahabat fimela yang tidak mengonsumsi lemak, pilihlah ikan yang tidak di goreng.

2. Tidak memilih menu yang digoreng

Cara paling efektif memangkas kalori adalah jangan makan makanan yang di goreng. Karena minyak yang digunakan memiliki kalori yang lebih besar. Setiap 1 sendok makan minyak mengandung 50 kalori. Jadi pilihlah makanan yang menggunakan sedikit minyak seperti kukus, bakar, atau tumis.

3. Hindari makanan dengan kuah santan

Makanan dengan kuah santan memang sangat menggiurkan. Tapi, jangan terlalu sering mengonsumsinya ya. Sahabat fimela harus tahu kalau 1/3 gelas satan mengandung sebanyak 50 kalori. Kalau bisa pilihlah makanan yang berkuah bening atau tumis sayuran.

4. Pilihlah menu sayuran

Pilihlah menu sayura memilih makanan di warteg. Kalau bisa sahabat fimela memperbanyak sayurannya ya atau setengah dari piring kamu adalah sayuran. Karena kandungan serat pada sayuran membuat kamu lebih cepat kenyang. Hal itu menghindari kamu makan berlebih dan menjaga kesehatan mu secara menyeluruh.

5. Hindari cemilan

Biasanya sambil nunggu makanan tiba kamu pasti makan gorengan atau kerupuk. Walaupun sudah lapar, ada baiknya kamu memakan makanan utama terlebih dahulu. Karena kamu tahu gasih kalau kerupuk dan gorengan itu bisa jadi memiliki kandungan kalori yang sama dengan makanan utama?

6. Minum air putih

Jika kamu sedang makan di warteg sebaiknya cukup memesan air putih saja. Memang enak sih rasanya kalau minum es teh manis setelah makan di warteg. Tapi, ya lebih baik pesan air putih saja. Kalau kamu ingin memesan minuman yang berasa, pesanlah jus buah ya.

Nah, di atas adalah beberapa tips untuk sahabat fimela memilih menu makanan yang sehat di warteg. Walaupun murah dan banyak pilihan tapi, harus pilih yang menyehatkan juga bukan?

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading