Sukses

Food

Berawal dari Reseller, Tabekuin Kini Sukses Pasarkan Homemade Frozen Food

Fimela.com, Jakarta Peluang bisnis bisa datang kapan saja, seperti pengalaman Lia Firdausy yang tanpa sengaja melihat postingan temannya yang berjualan frozen food. Iseng bertanya untuk menjadi reseller-nya, Lia yang belum punya pengalaman berjualan makanan pun memberanikan diri untuk memasarkannya.

“Berbekal koneksi yang luas, omset berjualan selama 2 minggu sudah melebihi target. Akhirnya sebulan kemudian saya bisa membeli freezer box pertama agar bisa memiliki stok lebih banyak dan dikirim langsung dari rumah,” kenangnya. Menambah varian menu jualannya, Lia bersama sang suami memberanikan diri untuk memproduksi menu frozen food yang banyak diminati.

Nama Fusion Malang-Minang

Ingin menjual berbagai menu makanan yang bisa dibekukan, Lia mendapatkan inspirasi unik untuk namanya. Berasal dari Malang, ia sering mendengar “tak” sebagai kata ganti “saya”, yang memunculkan ide brand Tabekuin alias saya bekukan. “Selain itu, suami yang keturunan minang menyebutkan Tabek yang berarti tambak atau kolam. Harapannya, usaha ini bisa menjadi wadah untuk menu sehat yang bisa dibekukan dan praktis dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja,” jelasnya.

Di antara sekian banyak menu yang ditawarkan oleh Tabekuin, olahan ikan seperti lele, nila, gurami bumbu kuning selalu sold out. Uniknya, menu ini awalnya terinspirasi dari sang suami yang sering bikin stok menu ikan di freezer untuk dikonsumsi sendiri. Diolah dengan higienis, semua ikan ini sudah dibumbui, jadi tinggal digoreng, kukus, atau disajikan sebagai hidangan berkuah.

Nasi Mandhi Frozen

Pecinta hidangan nasi rempah khas Timur Tengah sebaiknya jangan sampai kehabisan menu yang satu ini. Nasi Mandhi Frozen ini juga menjadi salah satu best seller di Tabekuin. “Udah ready, tinggal dihangatkan atau dikukus. Per paket isinya nasi mandhi plus kambing atau 2 ayam dan sambal,” jelasnya.

Kreasi ini muncul sebagai jawaban dari tantangan Lia untuk terus bertahan, terutama di tengah pandemi. Selain melancarkan promosi dan kolaborasi, Lia juga melakukan inovasi dengan menu-menu baru, termasuk Nasi Mandhi Frozen dan olahan ikan laut seperti tenggiri steak, salem, kerapu, dan kakap merah.

Menu Khas Palembang

Tabekuin terus berkarya, kali ini terinspirasi kerinduan akan masakan keluarga Lia yang keturunan Palembang. “Menu baru yang kami launching di pertengahan tahun 2021 yaitu pempek Palembang dan tekwan yang launching di awal 2022,” jelasnya.

Bisa mengirimkan beragam menu frozen food ke berbagai kota yang terjangkau jasa ekspedisi khusus, Lia berharap Tabekuin bisa terus berkembang. “Dengan jaringan reseller yang lebih luas dan ke depannya ingin membangun resto dan kolam pemeliharaan dan pengolahan ikan yang lebih besar,” harap sang owner.

Dukungan datang dari ManisdanSedap.com yang memudahkan siapa saja untuk menemukan dan memesan beragam menu PO di berbagai daerah, sekaligus menjadi ‘etalase’ bagi pemilik UMKM. Platform online yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network ini akan menampilkan jualan mereka lengkap dengan fitur yang menghubungkan pembeli dan penjual. Membantu memasarkan beragam produk manis dan sedap, yuk daftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com, gratis!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading