Sukses

Food

5 Cara Membuat Kastengel yang Renyah dan Tidak Pecah

Fimela.com, Jakarta Menikmati kue kastengel buatan sendiri bisa menghadirkan kebahagiaan sendiri. Apalagi ketika hari raya tiba seperti Lebaran, menyajikan kue kastengel yang kita buat untuk para tamu pun bisa membuat kita makin bahagia. Cuma kadang kita masih kesulitan membuat kue kastengel yang enak.

Salah satu kekhawatiran membuat kue kastengel adalah teksturnya. Kadang ingin membuat kastengel yang renyah, tapi malah keras. Belum lagi ketika dipanggang, kue kastengel malah pecah dan retak. Maka dari itu, ada beberapa hal dan cara yang perlu diperhatikan dalam membuat kastengel agar hasilnya sempurna. Berikut uraian informasinya.

 

1. Pakai Tepung Terigu Protein Rendah

Bagi yang membuat kastengel dengan menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya, pilih tepung terigu protein rendah. Tepung terigu protein rendah bisa dipakai untuk menghasilkan tekstur kastengel yang lebih renyaha. Usahakan tepung diayak lebih dulu sebelum dicampur dengan bahan lain agar teksturnya lebih ringan.

2. Adonan Tak Perlu Diuleni Sampai Terlalu Kalis

Hindari mengaduk adonan terlalu lama. Aduk adonan basah dan adonan kering sampai tercampur rata hingga teksturnya padat dan siap dicetak. Tidak harus sampai terlalu kalis. Kalau adonan diaduk atau diuleni terlalu lama, nanti malah hanya akan membuat kue kastengelnya jadi keras saat dipanggang. Pakai spatula anti lengket untuk mengadok adonan agar mentega tidak gampang meleleh saat diaduk.

3. Simpan Adonan di Kulkas

Kalau adonan yang dibuat terasa agak lembek, bisa disimpan dan didiamkan dulu selama sekitar 30 menit di kulkas. Melansir laman Marthastewart.com, pada dasarnya mendinginkan adonan di dalam kulkas akan mencegah adonan meluber, meleleh atau melebar saat dipanggang. Adonan kue yang disimpan di dalam kulkas biasanya akan menghasilkan kue yang lebih renyah ketika dipanggang. Teksturnya pun jadi lebih cantik.

 

4. Pakai Telur Secukupnya

Telur juga bisa berfungsi sebagai pengempuk kue. Bila tak ingin kue kastengel terlalu keras, pastikan kita menggunakan telur yang cukup. Telur perlu dimasukkan satu per satu dalam proses pencampuran dengan mixer. Pastikan telur terkocok baik bersama adonan mentega sebelum kita memasukkan kuning telur berikutnya.

5. Olesi Kue Kastengel setelah Dipanggang Setengah Matang

Kastengel yang sudah dicetak dipanggang dulu setengah matang, kemudian keluarkan lalu beri olesan dan taburan keju secara cepat. Lalu panggang kembali hingga matang sempurna. Dengan tahap pengolesan ini, taburan keju pun tidak terlalu keras serta adonan kue lebih kokoh dan tidak pecah.

Itu tadi lima tips dan cara yang bisa dicoba bila ingin membuat kue kastengel yang renyah dan tidak pecah. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading