Cara Mudah Menggunakan Sumpit untuk Pemula

Fimela Reporter18 Mei 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi

Fimela.com, Jakarta Sumpit merupakan dua stik yang tampaknya sederhana digunakan untuk sebagai alat bantu makan di sebagian besar Asia Timur, namun faktaya cukup sulit digunakan. Sering kali, banyak orang kesulitan menggunakan sumpit dan memilih memakai garpu menjadi sebuah pengganti. Yang perlu dilakukan untuk pemula dalam memegang sumpit adalah jangan takut untuk memulai.

 

Dikutip dari theworksoflife.com, sumpit sangat bermanfaat untuk kamu yang menyukai makanan China, Jepang atau Korean Food. Tapi apakah kamu merasa bahwa cara memegang sumpitmu sudah benar? Berikut adalah cara menggunakan sumpit yang benar yang harus kamu ketahui sebagai pemula.

1. Ambil Sumpit Pertama dan Letakkan di Antara Tempat Jari Telunjuk dan Ibu Jari yang Terhubung

Ilustrasi Sumpit
Ilustrasi Sumpit. Credit: Shutterstock

Kencangkan tangan untuk pegangan yang kuat. Letakkan ujung sumpit yang lebar di lekukan tangan kamu, tempat ibu jari dan jari telunjuk terhubung.

Istirahatkan ujung sumpit di antara pangkal ibu jari dan sisi jari telunjuk Kamu. Seharusnya hampir tidak bergerak.

Hal ini mirip dengan cara kamu memegang pena, tetapi sedikit lebih rendah. Beberapa mungkin lebih suka memegang sumpit di sisi jari manis mereka, dengan ujung jari manis mereka menahannya di tempatnya. Ini membebaskan jari tengah untuk memegang sumpit lainnya dengan lebih aman dan memberikan kontrol yang lebih besar pada yang satu itu. 

2. Pegang Sumpit Kedua dengan Jari Telunjuk dan Ibu Jari

Ilustrasi Sumpit
(Foto: Shutterbug75/pixabay.com)

Letakkan ibu jari kamu di sisi sumpit kedua, sehingga terletak di atas sumpit pertama. Sesuaikan genggaman kamu ke posisi yang lebih nyaman.

Pastikan ujung sumpit yang sempit sejajar satu sama lain untuk membantu mencegah sumpit menyeberang atau tidak dapat "mencubit" makanan. Untuk menyamakannya, kamu dapat mengetuknya di atas meja. Sumpit yang tidak rata akan sangat sulit digunakan.

 

3. Berlatih Membuka dan Menutup Sumpit

Sumpit
Credit: Shutterstock.com

Pastikan ujung sumpit yang lebar tidak membentuk huruf "X" karena akan menyulitkan kamu untuk mengambil makanan. Apakah hanya yang paling atas yang bergerak? Jika demikian, bagus!

Jika itu membantu, gerakkan tangan kamu ke atas dan ke bawah sumpit, tetapi pertahankan posisi yang sama, bereksperimenlah dengan tingkat genggaman. Beberapa merasa lebih mudah untuk bermanuver lebih dekat ke pangkalan, yang lain lebih jauh ke atas. Kamu dapat melatih gerakan dengan membuat kedua ujung makanan sumpit saling bersentuhan berulang kali.

 

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela