Sukses

Food

4 Cara Memilih Durian yang Berkualitas Bagus, Tebal dan Manis

Fimela.com, Jakarta Buah durian mungkin menjadi salah satu buah yang disukai banyak orang Indonesia karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut bagai mentega. Meskipun pada umumnya durian terasa manis, tapi banyak juga buah durian yang dijual di pasaran ternyata tidak manis atau bahkan kurang matang.

Itulah mengapa kita harus tahu bagimana cara memilih durian yang bagus dan manis karena sekilas pandangan saja kita cukup sulit menentukan mana durian yang manis dan mana yang tidak.

1. Kocok dan dengarkan

Angkat durian dan kocok di dekat telinga. Jika terdengar suara keras benturan antara isi dan dinding kulit, berarti buah durian tidak matang. Kemungkinan besardagingnya kering, tipis, mentah dan bijinya terlalu besar. Jika dikocok tidak menimbulkan suara, itu tanda yang belum matang atau justru terlalu matang. Jadi cari durian dengan suara jernih sedikit renyah dan terdengar berair jika dikocok untuk menemukan durian yang bagus.

2. Bau yang harum

Cukup jelas bahwa durian memiliki bau yang kuat secara alami, tetapi tidak semua orang tahu bahwa bau durian sebenarnya juga sangat berpengaruh pada kualitas durian. Hiruplah bau durian di sepanjang garis-garis yang terbelah di tengah tempat duri-durinya sejajar. Jika tidak ada aroma atau sangat samar, durian masih mentah. Jika aromanya terlalu kuat dan menyengat, durian itu terlalu matang. Jadi cari yang aromanya pas.

3. Bentuk dan duri

Bentuk durian yang ideal biasanya kurang beraturan. Durian yang bentuknya tidak sempurna biasanya justru lebih aromatik, manis dan creamy. Sedangkan durian yang bulat sempurna cenderung berasa lebih hambar. Warna durinya juga bisa menunjukkan kematangan durian. Jika duri berwarna hijau terang menunjukkan durian belum matang, sedangkan jika durinya berwarna coklat kering, tanda durian terlalu matang. Untuk kematangan yang sempurna, cari duri hijau dengan ujung cokelat.

4. Tangkai

Jika durian masih memiliki tangkai, perhatikan lebih dekat. Tangkai yang tebal menunjukkan bahwa durian menerima banyak nutrisi dari pohonnya, sehingga besar kemungkinan buah tersebut memiliki daging yang lebih tebal dan rasa yang lebih baik. Jika tangkainya berwarna lebih gelap berarti sudah tua atau cukup lama dari waktu panennya, jika masih berwarna coklat muda berarti baru saja dipetik. Durian tanpa tangkai perlu dicurigai karena kemungkinan dipotong oleh penjual yang berniat menjual durian dengan kualitas buruk atau kurang segar.

Itu dia sekian cara memilih buah durian yang berkualitas bagus, matang dan manis. Semoga bermanfaat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading