Sukses

Food

Penyebab Mentimun Pahit dan Cara Menghilangkannya

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu membeli mentimun dan rasanya pahit getir? Ternyata mentimun bisa juga menimbulkan rasa pahit sehingga tidak bisa dimakan. Tapi ternyata ada penyebab mengapa mentimun menjadi terasa pahit. Jika sayang dibuang, kamu juga bisa mencoba tips mengatasi dan menghilangkan rasa pahit mentimun berikut ini.

Penyebab mentimun pahit

Secara alami, buah mentimun memiliki kemampuan menghasilkan senyawa yang disebut cucurbitacin yang menimbulkan rasa pahit. Jumlah cucurbitacin yang dikandung mentimun dapat meningkat ketika tanaman tersebut menghadapi kondisi pertumbuhan yang buruk, misalnya mengalami kekurangan air atau panas yang berlebihan.

Kondisi ini menyebabkan tanamanan mentimun stres sehingga cenderung menghasilkan lebih banyak senyawa cucurbitacin. Pada dasarnya, stres membuat mentimun pahit. Rasa pahit pada mentimun ini juga bersifat adaptif, umumnya berfungsi sebagai metode pertahanan diri dari ancaman hewan yang ingin memakannya.

Cara menghilangkan rasa mentimun pahit

Untungnya cucurbitacin pada mentimun juga cenderung berkumpul di kulit dan ujung mentimun, sehingga jika ingin menghilangkan dan menghindari makan mentimun yang pahit, caranya tinggal dipotong kedua ujung mentimun dan kupas kulitnya hingga bersih.

Jika Sahabat Fimela langsung mengupas kulitnya dari ujung ke pangkal mentimun, rasa pahit tidak akan hilang, justru akan menyebar lebih banyak. Jadi pastikan memotong dahulu ujung-ujungnya sebelum mengupasnya. Setelah itu cuci bersih di bawah air mengalir. Umumnya, rasa pahir pada mentimun akan hilang atau jauh berkurang.

Nah, itu dia penyebab rasa mentimun pahit sekaligus cara menghilangkan rasa pahitnya. Semoga bermanfaat!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading