Sukses

Food

5 Cara Menyimpan Tepung Terigu agar Tidak Apek dan Bebas Kutu

Fimela.com, Jakarta Tepung terigu bisa digunakan untuk aneka olahan dan ragam kue. Membahas soal apa itu tepung terigu, tepung ini ini terbuat dari biji gandum yang digiling sampai menjdai bubuk halus. Di dapur, kita biasanya punya stok tepung terigu untuk bisa digunakan dalam berbagai olahan.

Cuma masalahnya kalau kita salah menyimpannya, tepung terigu bisa cepat apek. Untuk itu, ada lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk menyimpan tepung terigu agar lebih awet. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Simpan di Wadah Bersih dan Kedap Udara

Kita bisa menggunkana stoples kaca atau wadah plastik untuk menyimpan tepung terigu. Yang penting wadah yang digunakan bersih dan sebisa mungkin kedap udara. Tepung terigu dalam wadah kering tidak akan mudah menggumpal. Tepung pun tidak gampang berbau tengik atau apek.

2. Hindari Mencampur Tepung Baru dengan Tepung Lama

Kalau di dalam wadah masih ada tepung terigu lama, maka ada baiknya habiskan lebih dulu. Ketika tepung lama sudah habis, baru isi dengan tepung baru. Sebisa mungkin hindari mencampur tepung baru dengan tepung lama. Sebab kualitas dan segi rasanya bisa berubah jika tercampur.

 

3. Simpan di Dalam Kulkas

Khawatir tepung terigu berkutu dan berbau tengik? Alternatif menyimpan tepung terigu di dalam kulkas bisa dicoba. Jadi, tepung yang sudah dimasukkan dalam stoples atau masih berada dalam kemasan plastik, bisa disimpan di dalam kulkas. Pastikan tepung tidak tercampur atau kena tetesan air saat disimpan, ya.

4. Gunakan Silica Gel

Di wadah penyimpanan tepung, kita bisa menambahkan silica gel. Gunakan silica gel yang aman untuk makanan. Penambahan silica gel dalam wadah tepung bisa membantu menjaga kualitas dan aroma tepung terigu tetap baik.

5. Hindari Tempat yang Terkenan Paparan Sinar Matahari Langsung

Agar tepung terigu tidak ditumbuhi jamur, ada baiknya simpan di dalam tempat yang kering dan gelap. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Lemari dapur atau rak bumbu bisa yang ada di dapur bisa dipilih untuk menyimpan stok tepung terigu.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk menyimpan tepung terigu agar tidak gampang bau apek. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading