Cara Membuat Aneka Olahan Tempe Goreng yang Enak dan Gurih

Imelda Rahma18 Mei 2022, 14:24 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 15:14 WIB
tempe mendoan

Fimela.com, Jakarta Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai. Tempe juga termasuk bahan makanan yang sering diolah untuk menjadi hidangan makanan sehari-hari. 

Banyak orang gemar mengonsumsi tempe karena rasanya yang enak, harganya murah, dan juga mudah untuk didapatkan. Kamu bisa menemukan tempe di pasar tradisional maupun pasar swalayan. 

Dari sekian banyak hidangan olahan berbahan dasar tempe, tempe mendoan adalah salah satu favorit banyak orang. Makanan khas dari Banyumas ini sudah menjadi camilan yang dijajakan di banyak wilayah di Indonesia. 

Lalu, bagaimana cara membuat tempe mendoan? Yuk, simak resep dan tipsnya di bawah ini.  

Mengenal Tempe Mendoan, Camilan Populer Khas Banyumas

Mengenal Tempe Mendoan, Camilan Populer Khas Banyumas
Tempe mendoan./Copyright shutterstock.com

Tempe mendoan adalah salah satu makanan khas dari Banyumas yang digemari banyak orang. Makanan ini di daerah lain bahkan sudah banyak dijajakan sebagai camilan goreng atau makanan ringan yang gurih. 

Tidak seperti tempe goreng biasanya, mendoan disukai karena memiliki tekstur super renyah. Cara membuat tempe mendoan juga tergolong unik, jika biasanya tempe goreng akan dimasak sampai kering, mendoan justru digoreng setengah matang sehingga teksturnya lunak dan empuk saat dikonsumsi. 

Tahukah kamu, tempe mendoan ternyata punya makna filosofis, lho. Ya, bagi masyarakat Banyumas, tempe mendoan yang digoreng setengah matang sehingga teksturnya lunak diumpamakan seperti penggambaran seseorang yang fleksibel atau mampu menyesuaikan diri dalam segala kondisi. 

 

 

Resep Tempe Mendoan yang Praktis dan Anti Gagal

Resep Tempe Mendoan yang Praktis dan Anti Gagal
Tempe mendoan/copyright shutterstock.com/Rembolle

Bahan-bahan: 

  • 1 papan tempe, iris tipis. Usahakan agar setipis mungkin
  • 300 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung kanji
  • 600 ml air
  • 4 batang daun bawang, iris tipis
  • Minyak goreng, secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 4 buah kemiri
  • Sejumput kunyit bubuk
  • Garam, secukupnya
  • Kaldu penyedap, secukupnya jika suka

Cara Membuat:

  1. Campur tepung dan bumbu halus jadi satu.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar bumbu merata bersama tepung.
  3. Tambahkan irisan daun bawang, aduk rata.
  4. Masukkan tempe satu persatu dan balut bersama adonan tepung.
  5. Panaskan minyak goreng, goreng tempe hingga kuning keemasan, goreng dengan api kecil cenderung sedang agar tempe tidak gosong.
  6. Angkat tempe yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

 

 

Tips Membuat Adonan Tempe Mendoan

Tips Membuat Adonan Tempe Mendoan
ilustrasi tempe mendoan/copyright shutterstock/Rembolle

Jika kamu ingin membuat tempe mendoan yang kriuk dan garing,ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Tips ini akan membuat tempe mendoan yang kamu masak menjadi renyah dan awet garingnya. Beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, diantaranya: 

1. Usahakan takaran air pada adonan harus pas

Adonan tepung dan air untuk menggoreng mendoan haruslah pas, usahakan agar tidak terlalu kental dan tak terlalu encer. Bagaimana caranya?

Mudah saja, kamu hanya perlu menuangkan air sedikit demi sedikit sembari kamu terus mengaduknya agar bisa memastikan kekentalan adonan mendoan. Disarankan juga untuk menggunakan air hangat agar tepung lebih cepat larut dan tak mudah menggumpal.

2. Menambahkan baking powder pada adonan 

Kamu bisa menggunakan 1 sdt baking powder untuk dicampurkan ke dalam adonan tepung. Pada tempe mendoan, baking powder bisa membuat tekstur tepungnya lebih bagus ketika digoreng.

3. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak

Untuk mendapatkan hasil mendoan yang garing dan renyah, sebaiknya kamu tidak perlu memakan terlalu banyak minyak. Hal ini akan mempermudah kamu nantinya untuk meniriskan mendoan. Terlalu banyak minyak yang terserap justru akan membuat mendoan semakin lembek.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela