Agar Telur Rebus Matang Sempurna, Berapa Menit Merebus Telur?

Febi Anindya Kirana19 Mei 2022, 15:15 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 15:31 WIB
waktu kematangan telur rebus

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu bingung menentukan berapa lama sebaiknya telur rebus bisa matang sempurna atau sehingga bisa sesuai keinginan? Misalnya kamu ingin merebus setengah matang, matang sempurna atau menghindari terlalu matang sehingga menimbulkan warna abu-abu di kuning telurnya. Berapa menit merebus telur yang baik? Ternyata kita bisa menerapkan aturan dasar menit untuk merebus telur.

Metode merebus yang tepat

telur rebus
ilustrasi telur kupas/nelea33/Shutterstock
  1. Tempatkan telur di dalam panci yang sudah berisi air hingg tenggelam. Kemudian nyalakan api. Rebus telur bersama air dingin.
  2. Jika sudah mulai mendidih, saat itulah kamu perlu mengatur waktu untuk merebus telur.

Berapa lama merebus telur?

  1. Untuk aturan dasarnya, kita bisa melihat perbandingan di setiap menitnya.
  2. Setelah mendidih, tutup panci dan rebus selama 4-8 menit hingga matang.
  3. Jika ingin telur setengah matang, kamu bisa merebusnya di antara menit ke 4-6, di mana kuning dan putih telur mulai memadat tapi bagian kuning telur paling tengah masih cair.  

Berapa lama hingga telur matang sempurna?

Telur rebus
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jika ingin telur matang sempurna, rebus selama 12 menit untuk telur matang sempurna. Di menit ke 8 menit sebenarnya telur sudah matang tapi jika ingin telur mudah dikupas dan lebih padat, teruskan hingga menit ke 12. Kamu juga bisa memberikan toleransi merebus selama maksimal 15 menit jika menggunakan api sedang dan merebus dalam jumlah banyak.

Pastikan tidak merebus melebihi waktu tersebut karena umumnya telur akan berubah keabu-abuan atau terlalu matang sehingga kehilangan banyak nutrisi alaminya. 

Jadi, itu dia berapa lama waktu merebus telur jika ingin mendapatkan yang matang sempurna.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela