7 Manfaat Telur Rebus yang Kaya Nutrisi, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Imelda Rahma19 Mei 2022, 14:36 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 15:35 WIB
Telur Rebus

Fimela.com, Jakarta Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah kamu dapatkan dan sering kamu konsumsi sehari-hari. Bahan makanan yang satu ini memang menjadi primadona, selain karena rasanya yang lezat, telur juga kaya akan nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Setiap satu telur mengandung kalori, lemak jenuh, kolesterol, natrium, kalium, zat besi, dan karbohidrat. Tak hanya itu, berbagai vitamin juga terkandung di dalam telur, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin B6.

Penyajian telur juga bermacam-macam, kamu bisa menggoreng atau merebusnya. Telur rebus diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? 

Untu kamu yang penasaran, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 7 manfaat telur rebus yang kaya nutrisi. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi telur rebus/credit: pexels.com/Tang

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mnegonsumsi telur rebus baik untuk kesehatan jantung. Sebab, telur rebus memiliki kandungan kandungan omega-3 yang merupakan lemak baik untuk menangkal kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar lemak baik yang tinggi di dalam tubuh dapat memperkecil risiko penyakit jantung. 

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Telur rebus juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sebagai makanan berprotein tinggi, mengonsumsi telur rebus akan membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh karena kandungannya memberikan dorongan dalam metabolisme. 

3. Menjadi Sumber Energi

Selain baik untuk metabolisme tubuh, telur rebus juga merupakan sumber energi. Itulah alasannya mengapa banyak orang memilih sarapan dengan mengonsumsi telur rebus di pagi hari. Tiap telur rebus mengandung Vitamin A, vitamin B-12, dan selenium, dimana kandungan merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah energi. 

4. Meminimalisir Risiko Kanker

Telur rebus sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bahan makanan yang satu ini dapat memperkecil risiko kanker. Hal ini karena di dalam telur rebus, terdapat senyawa antioksidan yang sudah terkenal dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya sel kanker. Maka dari itu, mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat membantu kamu terhindar dari risiko kanker. 

5. Membantu Pertumbuhan Rambut dan Kuku 

Siapa sangka, mengonsumsi telur rebus ternyata memberikan dampak baik untuk kesehatan rambut dan kuku. Pasalnya, telur rebus memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, dan ini merupakan sumber vitamin D. Kandungan mineral dan antioksidan dalam makanan ini juga akan membantu pertumbuhan rambut dan kuku yang sehat.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Sebagai salah satu organ yang vital pada tubuh, tentu kamu harus menjaga kesehatan mata. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi telur rebus. Sebab, sumber protein yang satu ini mengandung zeaxanthin yang dapat mencegah degenerasi pada makula dan menurunkan risiko katarak.

7. Bantu Turunkan Obesitas

Telur rebus merupakan bahan makanan yang sangat direkomendasikan saat menjalani masa diet. Dengan mengonsumsi telur rebus, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Tidak perlu khawatir dengan kalorinya, makan siang atau makan malam dengan dua telur rebus dan secangkir sayuran hanya mengandung sekitar 274 kalori saja. 

 

Tips Merebus Telur agar Tidak Pecah

Tips Merebus Telur agar Tidak Pecah
Ilustrasi telur rebus/credit: pexels.com/Trang

Merebus telur memang mudah, namun jika kamu tidak tahu tipsnya, maka bisa jadi telur tidak akan matang sempurna atau justru permukannya malah pecah. Jika kamu ingin mendapatkan telur rebus dengan tingkat kematangan yang baik, maka kamu bisa coba terapkan tips ini. 

  1. Masukkan telur di dalam panci dan isi dengan air kran secukupnya. Perlu diingat, sebaiknya kamu tidak memasukkan telur setelah air mendidihkan, karena telur akan mudah pecah selama proses perebusan.
  2. Jika telur baru keluar dari kulkas, rendam dengan air biasa lebih dulu untuk menghilangkan suhu kulkas. Setelah telur mencapai suhu ruangan, baru rebus telur dengan air bersih. 
  3. Pastikan permukaan telur sudah terendam seluruhnya dengan air, jika air kurang saat merebus telur, maka telur akan mudah pecah atau tidak matang secara merata. 
  4. Masak selama 10 menit hingga mendidih, dan matikan api.

Aneka Olahan Telur Rebus: Resep Telur Bacem

Aneka Olahan Telur Rebus: Resep Telur Bacem
Ilustrasi telur bacem/credit: bola.net/shutterstock

Bicara mengenai masakan telur, kali ini Fimela punya resep praktis telur bacem yang enak. Jika dirimu bosan dengan menu telur dadar, telur ceplok atau orak-arik tekur, saatnya memasak telur menjadi masakan bacem. Yuk. cek resepnya di bawah ini. 

Bahan-bahan: 

  • 10 butir telur rebus yang telah dikupas
  • 1 gelas air kelapa
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 ruas lengkuas, memarkan
  • 1 sdm air asamK
  • ecap manis, secukupnya sesuai selera
  • 50 gram gula merah, sisir halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Bumbu halus: 

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • 3 buah cabai, jika suka agak pedas

Cara membuat:

  1. Rebus air hingga mendidih kemudian tambahkan air kelapa dan bumbu halus. Masak semua bahan hingga air mendidih.
  2. Tambahkan daun salam, lengkuas, air asam, kecap manis, garam, gula pasir dan gula merah. Aduk semua bahan dan biarkan garam serta gula larut.
  3. Masukkan telur yang telah dikupas ke dalam panci berisi bumbu, rebus dengan api sedang hingga air menyusut dan warna telur berubah jadi cokelat.
  4. Rendam telur di dalam air rebusan bumbu semalaman atau 12 jam dan tetap tutup panci.
  5. Angkat telur yang telah dimasak bacem, hangatkan kembali atau goreng untuk menambah kelezatannya.
  6. Sajikan telur bacem dengan nasi putih hangat dan sayur sesuai selera.
Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela