Mengenal Tepung Beras, Bahan Dasar dan Manfaatnya

Mimi Rohmitriasih20 Mei 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 13:45 WIB
tepung beras

Fimela.com, Jakarta Tepung beras menjadi salah satu bahan dasar untuk pembuatan beragam kue tradisional seperti kue apem, nagasari, talam dan sejenisnya. Lantas, apa itu tepung beras? Tepung beras adalah bahan makanan dari hasil menggiling atau menumbuk hingga berbentuk sangat halus. 

Dibandingkan dengan tepung lainnya, warna tepung beras cenderung lebih putih dengan tesktur yang cenderung lebih kesat namun halus dan lembut saat dipegang. Tepung beras menjadi salah satu tepung yang rendah gluten.

Bahan Dasar Tepung Beras

Tepung Beras
Ilustrasi tepung beras/credit: Freepik.com

Seperti namanya, tepung beras terbuat dari bahan dasar beras. Beras yang sudah dicuci bersih kemudian direndam ke dalam air selama beberapa jam kemudian digiling atau dihaluskan. Tepung beras yang masih basah dan lembab tidak akan bertahan cukup lama. Namun, ketika tepung beras dikeringkan dan dikemas dalam plastik kedap udara, tepung beras akan bertahan lebih lama hingga berbulan-bulan. 

Melansir dari laman alodokter.com, tepung beras putih mengandung 80 gram karbohidrat, 7 gram protein, 94 miligram fosfor, 75 miligram kalium dan 23 miligram magnesium.

Manfaat Tepung Beras

Tepung Tapioka
Ilustrasi tepung tapioka/credit: Freepik.com

Tepung beras dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut antara lain mampu mencerahkan kulit wajah, menyembuhkan luka, bantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah serta merawat kulit berjerawat. Tepung beras juga bermanfaat untuk bahan dasar pembuatan aneka makanan baik itu kue basah maupun kue kering. 

Itulah sekilas mengenai tepung beras, semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1

Live Streaming

Powered by