Apa Tepung Maizena Berbeda dengan Tepung Terigu?

Febi Anindya Kirana20 Mei 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 14:15 WIB
tepung jagung maizena

Fimela.com, Jakarta Tepung maizena merupakan sebutan untuk tepung yang terbuat dari jagung, itu juga alasan terkadang tepung maizena sering disebut tepung jagung. Seperti tepung jenis lainnya, tepung maizena cukup umum digunakan dalam banyak kebutuhan memasak.

Penggunaan tepung maizena

Tepung maizena lebih sering digunakan sebagai pengental kuah atau saus. Untuk keperluan tersebut, tepung maizena biasanya digunakan sedikit saja misalnya dalam menu capcay, sapo tahu, koloke, gravy, vla, pai, saus dan keperluan membuat berbagai macam kue. Penggunaannya juga bukan hanya pada makanan Asia, tapi juga makanan Barat.

Apa bedanya dengan tepung terigu?

tepung terigu-kezo
ilustrasi tepung/Billion Photos/shutterstock

Tepung maizena dan tepung terigu jelas berbeda. Tepung terigu terbuat dari gandum, sedangakan tepung maizena terbuat dari jagung, dan karena hanya mengandung karbohidrat tanpa protein, tepung maizena merupakan produk bebas gluten. Warna tepung maizena putih bersih, sedangkan warna tepung terigu putih agak kekuningan.

Secara tekstur saat dipegang juga sangat berbeda, tepung terigu terasa kesat di tangan, sedangkan maizena lebih licin. Ketika dicampurkan dengan air, tepung terigu lebih mudah menyerap dan menyatu dengan air, sedangkan maizena cenderung mengendap di bawah setelah diaduk. 

Kegunaan tepung maizena vs tepung terigu

Tepung Maizena
Apa itu tepung maizena/copyright shutterstock

Daripada tepung terigu, alasan tepung maizena lebih sering dijadikan pengental saus dan kuah adalah karena setelah tercampur dengan air panas, maizena cenderung menjadi kental konsisten dan transparan, tidak keruh dan mudah pecah seperti tepung terigu. Sayangnya, tepung maizena tidak umum dijadikan bahan utama makanan olahan seperti cake, roti, mie, pasta, pelapis gorengan dan lain sebagainya. Itulah mengapa orang lebih umum mengenal tepung terigu daripada maizena.

Apakah tepung maizena bisa dan tepung terigu bisa saling menggantikan?

Tepung Terigu
Ilustrasi tepung terigu/credit: Freepik.com

Jika ingin mengentalkan kuah atau saus tapi tidak punya tepung maizena di rumah, bahan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengganti tepung maizena adalah tepung tapioka karena memiliki tekstur kental yang hampir sama meskipun tapioka lebih liat.

Tapi kalau pun tidak ada tepung tapioka, tepung terigu juga bisa jadi pengganti maizena. Kamu hanya perlu menggunakan dua kali lipat dari takaran tepung maizena pada resep meskipun hasilnya mungkin tidak akan sebaik saus dengan maizena.

Itu dia ternyata beberapa perbedaan antara tepung maizena dan tepung terigu. Semoga kini tak salah lagi menggunakannya di dapur ya Sahabat Fimela.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela