5 Bahan Utama untuk Membuat Cake Bread

Ayu Puji Lestari22 Mei 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 11:15 WIB
milky bread

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu merasa bingung dengan sebutan Cake Bread. Pada dasarnya Cake Bread termasuk jenis roti, hanya saja tampilannya menyerupaki cake karena diberi hiasan khusus. Cake Bread ini biasanya disajikan saat perayaan tertentu seperti Natal dan Tahun Baru.

Seiring perkembangan zaman, Cake Bread pun menjadi santapa saat sarapan  dan teman minum teh. Selain itu, Cake Bread pun banyak dijadikan menu andalan di Toko Roti. Tentu saja, karena Cake Bread bisa dikreasikan menjadi beberapa bentuk dan rasa.

Lalu, bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Cake Bread. Berikut adalah 5 bahan utama Cake Bread yang wajib kamu ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tepung Terigu Protein Tinggi

Manfaat Tepung Terigu
Ilustrasi tepung terigu/credit: Freepik.com

Cake Bread dibuat dengan ragi, jadi pastikan memilih tepung teringu dengan kandungan protein tinggi. Tentu saja agar menghasilkan Cake Bread yang enak.

Mentega

Mentega berfungsi untuk menghasilkan tekstur cake bread yang lembut juga rasa yang gurih. Agar hasilnya bagus pastikan keluarkan mentega dari lemari pendingin 10 menit sebelum digunakan. Ini penting agar mentega lunak dan mudah digunakan.

Gula Kastor

tepung terigu
Gula kastor./Copyright shutterstock.com/g/belchonock

Bahan utama selanjutnya adalah gula kastor atau gula putih halus. Membuat cake bread umumnya memakai gula jenis ini, agar adonan mudah dicampur dengan bahan lainnya.

Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah whole milk yang pembuatannya dengan cara diupkan hingga tinggal separuhnya. Susu evaporasi ini dibuat tanpa gula.

Ragi Instan

Bahan terakhir adalah ragi instan. Ragi ini berbentuk halus dan menyerupai bubuk. Ragi instan ini bisa langsung dicampur dengan tepung.

Jadi, ayo buat cake bread. Selain bisa menjadi kudapan sendiri, cake bread ini sangat cocok untuk ide jualan. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela