Sukses

Food

Kini Kelezatan Tempe Mulai Diperkenalkan ke New York, Amerika Serikat

Fimela.com, Jakarta Siapa suka tempe? Makan dari kedelai ini memang sangat digandrungi masyarakat Indonesia, hanya dengan nasi hangat dan lauk tempe makan pun terasa begitu nikmat.

Olahan tempe pun begitu banyak mulai dari digoreng biasa, mendoan, orek tempe, hingga dibacem. Kini kenikmatan tempe pun bisa dirasakan masyarakat New York, Amerika Serikat lho.

Pasalnya, Konsulatan Jenderal RI di New York telah mempromosikan tempe di New York sebagai bagian kolaborasi dengan Women's Entrepreneurship Day Organization (WEDO). Acara Tempeh Goes to New York dilakukan di Ruang Pancasila, KJRI New York pada 20 Mei 2021.

"Kolaborasi ini akan meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan keahlian serta mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan," demikian Konjen RI di New York Arifi Saiman dalam siaran pers diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu malam.

Tak hanya enak, tempe juga bermanfaat bagi kesehatan

Melansir liputan6.com, dalam acara itu para undangan disuguhi sajian kudapan tradisional berbahan dasar tempe seperti tempe bacem, kering tempe, dan tempe kari.

Perwakilan BOStempeh, Meylia Kurnianto juga menjelaskan secara singkat mengenai manfaat tempe sebagai makanan yang sehat, berkelanjutan, dan terjangkau, serta rendah kalori dan rendah sodium.

Sementara itu, perwakilan WEDO, Wendy Diamond, menyampaikan apresiasi kepada KJRI New York atas kemitraan yang diberikan.

Menurut dia, peserta yang hadir dapat mengenal budaya dan potensi bisnis Indonesia lebih dalam.

Sejumlah kesenian seperti tarian Glipang dari Indonesian Cultural Club (ICC) Delaware, pengenalan baju tradisional dari berbagai daerah Indonesia juga turut ditampilkan pada acara tersebut.

Cara Membuat Tempe Mendoan yang Gurih

Tempe mendoan adalah salah satu favorit banyak orang. Makanan khas dari Banyumas ini sudah menjadi camilan yang dijajakan di banyak wilayah di Indonesia. Berikut resep dan cara membuatnya

Bahan-bahan: 

1 papan tempe, iris tipis. Usahakan agar setipis mungkin

300 gram tepung terigu

2 sdm tepung kanji

600 ml air

4 batang daun bawang, iris tipis

Minyak goreng, secukupnya

Bahan bumbu halus:

6 siung bawang putih1 sdt ketumbar bubuk

4 buah kemiri

Sejumput kunyit bubuk

Garam, secukupnya

Kaldu penyedap, secukupnya jika suka

Cara Membuat:

Campur tepung dan bumbu halus jadi satu.Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar bumbu merata bersama tepung. Tambahkan irisan daun bawang, aduk rata.

Masukkan tempe satu persatu dan balut bersama adonan tepung.Panaskan minyak goreng, goreng tempe hingga kuning keemasan, goreng dengan api kecil cenderung sedang agar tempe tidak gosong.

Angkat tempe yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Tips Membuat Adonan Tempe Mendoan

1. Usahakan takaran air pada adonan harus pas

 Adonan tepung dan air untuk menggoreng mendoan haruslah pas, usahakan agar tidak terlalu kental dan tak terlalu encer. Bagaimana caranya?

Mudah saja, kamu hanya perlu menuangkan air sedikit demi sedikit sembari kamu terus mengaduknya agar bisa memastikan kekentalan adonan mendoan. Disarankan juga untuk menggunakan air hangat agar tepung lebih cepat larut dan tak mudah menggumpal.

2. Menambahkan baking powder pada adonan 

Kamu bisa menggunakan 1 sdt baking powder untuk dicampurkan ke dalam adonan tepung. Pada tempe mendoan, baking powder bisa membuat tekstur tepungnya lebih bagus ketika digoreng.

3. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Minyak

Untuk mendapatkan hasil mendoan yang garing dan renyah, sebaiknya kamu tidak perlu memakan terlalu banyak minyak. Hal ini akan mempermudah kamu nantinya untuk meniriskan mendoan. Terlalu banyak minyak yang terserap justru akan membuat mendoan semakin lembek. 

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading