Sukses

Food

Apa Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Kanji? Cek di Sini

Fimela.com, Jakarta Apa perbedaan tepung tapioka dan tepung kanji? Jika ditanya mengenai perbedaan kedua tepung ini, maka jawabannya adalah tidak ada bedanya. Tepung tapioka dan tepung kanji adalah tepung yang sama. Keduanya hanya berbeda nama saja.

Tepung tapioka dan tepung kanji merupakan tepung yang terbuat dari sari pati singkong atau ketela pohon. Tepung tapioka atau tepung kanji juga memiliki nama lain yakni tepun aci. Tepung aci adalah sebutan tepung tapioka di daerah Jawa Barat khususnya bagi masyarakat Sunda.

Cara Membuat Tepung Tapioka atau Kanji

Cara pembuatan tepung tapioka atau kanji yakni singkong atau ketela pohon diparut hingga halus. Singkong yang telah diparut kemudian di saring. Air saringan ini kemudian didiamkan selama beberapa jam hingga pati singkong mengendap. 

Jika pati sudah mengendap, airnya kemudian di buang dan pati yang masih basah dikeringkan dengan cara dijemur atau dioven. Pati kering awalnya berbentuk kasar. Ini kemudian dihaluskan hingga menjadi tepung yang halus dan disebut sebagai tepung tapioka atau tepung kanji.

Kegunaan Tepung Tapioka atau Kanji

Tepung tapioka atau kanji digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan berbagai macam makanan. Tepung tapioka biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kue tradisional seperti cenil, cilok, cimol atau pempek. Tepung tapioka atau kanji juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue kering dan kerupuk. 

Itulah sekilas mengenai tepung tapioka atau kanji. Jadi jangan bingung lagi ya Sahabat Fimela. Tepung tapioka dan tepung kanji adalah tepung yang sama. Hanya berbeda di nama saja. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading