Sukses

Food

Serba Serbi Tofu, Mulai dari Nutrisi hingga Resep Olahannya

Fimela.com, Jakarta Tofu adalah salah satu bahan makanan favorit banyak orang. Tofu bisa diolah menjadi baragam sajian, mulai dari masakan tumis hingga masakan berkuah. 

Tofu memiliki tekstur yang lembut dan empuk sehingga mudah dikonsumsi. Selain itu rasa tofu juga sangat gurih. 

Siapa sangka tofu juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Apa saja kira-kira manfaatnya? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas serba serbi tofu, mulai dari nutrisi hingga resep olahannya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Seputar Tofu

Tofu merupakan salah satu jenis tahu yang berasal dari Jepang. Tofu terbuat dari kedelai dan cara pembuatannya mirip seperti pembuatan keju susu tradisional. 

Tofu memiliki tekstur yang sangat lembut, halus dan memiliki rasa yang sangat gurih. Tekstur yang lembut dan halus inilah yang membuat tofu disebut dengan tahu sutera. Sebagai bahan pokok dalam masakan Jepang, Thailand, dan China, tofu dapat dimasak dengan berbagai cara untuk mengubah teksturnya dari halus dan lembut, menjadi gurih dan renyah.

 

Kandungan Nutrisi dalam Tofu

Tofu merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi. Untuk kamu yang belum tahu, tofu memiliki kandungan protein yang tinggi dan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Tofu baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena kalorinya rendah, jadi aman buat kamu yang sedang diet. Selain itu, tofu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Dalam satu porsi tofu, didalamnya terdapat kandungan karbohidrat, lemak, kalsium, dan vitamin A. 

 

Manfaat Tofu untuk Kesehatan

Sebagai bahan makanan yang kaya nutrisi, mengonsumsi tofu dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat tofu yang perlu diketahui:

1. Sumber Antioksidan untuk Tubuh

Produk kedelai seperti tofu mengandung senyawa alami yang disebut isoflavon. Senyawa ini merupakan antioksidan untuk membantu meminimalkan kerusakan yang dikenal sebagai stres oksidatif. Stres oksidatif inilah yang terlibat dalam penuaan dan timbulnya sejumlah penyakit kronis.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Makan makanan yang kaya isoflavon secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi tofu juga dapat berdampak baik untuk kesehatan jantung karena tofu sangat kaya kandungan fitokimia dan juga serat.

3. Sumber Protein Nabati

Tofu adalah sumber protein nabati yang baik karena mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, perbaikan, dan fungsi seperti kekebalan. Dalam beberapa penelitian, kandungan protein dalam kedelai, mungkin sebanding dengan protein hewani.

 

Masakan Olahan dari Tofu: Resep Sapo Tahu

Bahan-bahan: 

  • 2 buah tofu atau tahu sutra, potong-potong
  • 5 ekor udang, kupas
  • 2 sdm tepung terigu (bisa juga menggunakan tepung bumbu)
  • 1 buah pokchoy, potong-potong
  • 1 genggam jamur kuping, potong-potong

Bahan bumbu:

  • 2 siung bawang putih, memarkan dan cincang
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt minyak ikan
  • 1 sdm maizena larutkan dengan sedikit air
  • 1 buah cabai merah, buang isinya dan iris tipis
  • garam, gula dan air secukupnya

Cara membuat sapo tahu: 

  1. Balur tofu dengan tepung tipis-tipis, goreng hingga matang, sisihkan. Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum. Masukkan udang dan tumis hingga udang matang.
  2. Masukkan pok choy dan jamur kuping, tuang air secukupnya, tumis hingga matang sayur agak layu.
  3. Campurkan bumbu saus tiram, minyak ikan dan minyak wijen dalam mangkuk. Tuang ke dalam tumisan. Masak hingga sayur matang.
  4. Masukkan tofu goreng, aduk rata dengan bahan lain. Tuang maizena, dan aduk rata hingga mengental.
  5. Tes rasa, jika sudah pas, angkat. Sapo tahu sederhana siap dinikmati.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading