Deretan Fakta Unik Tom Yam, Masakan Khas Thailand yang Mendunia

Imelda Rahma26 Mei 2022, 15:06 WIB
Diperbarui 02 Jun 2022, 09:15 WIB
Tom yum

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal tom yam, makanan satu ini merupakan masakan khas Thailanad yang sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Cita rasa tom yam sangat unik karena bumbunya berasal dari banyak rempah seperti, cabai kering, cabai rawit, serai, daun jeruk, dan air perasan jeruk. Alhasil, kamu bisa merasakan asam, asin, pedas dan manis dalam satu suapan.

Untuk penyajiannya, tom yam biasanya disajikan saat masih panas agar tubuh bisa terasa hangat setelah memakannya. Selain itu, tom yam juga biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dalam jamuan-jamuan formal.

Masih ada banyak fakta menarik lainnya soal tom yam yang sayang jika dilewatkan, lho. Penasaran? 

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas beberapa fakta unik tom yam beserta resepnya yang praktis untuk kamu coba di rumah. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

Fakta Unik Tom Yam

Fakta Unik Tom Yam
Ilustrasi tom yam/credit: pexels.com/Nine

1. Merupakan comfort food di kawasan Asia Tenggara

Tiap-tiap negara di Asia tenggara umumnya memiliki makanan khas yang populer. Dari sekian banyak makanan khas, tom  yam adalah menjadi salah satu comfort food yang digemari oleh mayoritas masyarakat Asia Tenggara.

Bukan tanpa alasan pastinya, sajian tom yam begitu diminati karena masakan ini memiliki komposisi rempah yang beragam, seperti jahe, kemangi, serai, lengkuas, dan daun mint. Jadi, jelas saja kalau cita rasa tom yam juga sangat unik, mulai dari manis, asin, asam, dan pahit secara sekaligus.

2. Merupakan hidangan yang sehat dan berkhasiat untuk tubuh

Tom yam tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan hidangan yang sehat untuk dikonsumsi. Mengonsumsi tom yam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena komposisi bumbu dan rempah yang terkandung di dalam tom yam.

Sebagai contohnya, adanya serai dalam tom yam diklaim sebagai bahan makanan yang baik untuk imun tubuh. Lalu, bawang putih juga menghasilkan antibakteri yang bagus untuk memelihara sistem pencernaan tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun ikut meningkat. 

3. Sajian yang cocok untuk menghangatkan tubuh

Tom yam merupakan sajian yang direkomendasikan untuk kamu yang sedang tidak enak badan atau merasa sakit. Pasalnya, tom yam yang dihidangkan saat masih panas dapat menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh. Rasa asam dan pedas pada kuah tom yam dapat memberikan sensasi makan yang menenangkan.

4. Memiliki beragam varian sajian yang berbeda di tiap negara

Fakta unik yang terakhir soal tom yam dan mungkin jarang kamu sadari ialah tom yam memiliki varian sajian yang berbeda-beda di tiap negara. Misalnya tom yam yang hanya berisi ayam disebut dengan Tom Yam Kai, lalu tom yam yang memiliki isian udang dikenal dengan Tom Yang Goong, dan tom yam dengan isian ikan yang dikenal dengan nama Tom Yam Pla.

Dari sekian banyak varian tom yam, yang paling spesial adalah Tom Yam Talay atau juga disebut Tom Yam Po Taek. Varian tom yam yang satu ini dianggap paling spesial karena isian didalamnya terdiri dari berbagai macam makanan laut, antara lain ikan cumi, udang, dan rumput laut.

 

Komposisi Bahan pada Masakan Tom Yam

Komposisi Bahan Makanan pada Masakan Tom Yam
Ilustrasi tom yam/credit: pexels.com

Jika kamu ingin memasak tom yam, maka kamu perlu tahu beberapa bahan wajib yang harus ada pada hidangan tom yam. Apakah saja itu? Yuk cek deretan komposisi bahan pada masakan tom yam di bawah ini:

1. Bumbu Halus

Kunci dari sajian tom yam adalah bumbu halusnya. Bumbu halus resep ini terdiri dari ebi, bawang putih, dan cabai kering. Tumis ketiganya dengan sedikit minyak hingga harum. Lalu, haluskan dengan blender dan tambahan minyak.

2. Aneka Rempah Aromatik

Rahasia kedua dari kelezatan tom yam adalah komposisi rempah aromatiknya. Campuran rempah aromatik pada tom yam dapat mengeluarkan aroma yang sedap dan menguatkan rasa secara maksimal. Perpaduan serai dan lengkuas wajib digunakan demi menghadirkan aroma wangi, cita rasa gurih, dan sedikit rasa hangat.

3. Campuran Dedaunan Aromatik

Aroma tom yam yang harum dan menggugah selera bisa didapatkan karena adanya campuran daun-daun aromatik. Adapun dua jenis daun yang sering digunakan pada masakan tom yam ialah daun jeruk dan daun ketumbar.

Bagaimana cara memasukkannya ke dalam sajian tom yam? Mudah saja, kamu hanya perlu mencuci daun aromatik sampai bersih, buang tulangnya, iris memanjang, lalu masukkan ke dalam rebusan.

4. Tambahan Kecap Ikan

Kecap ikan adalah bahan pelengkap yang memberikan cita rasa otentik pada tom yam. Kecap ikan sendiri terbuat dari fermentasi ikan dan garam dengan rasa mineral yang khas dan cukup kencang.

Biasanya dibutuhkan sekitar 100 ml kecap asin untuk 4 porsi tom yam. Saat memasak tom yam, kamu hanya perlu memasukkan kecap ikan setelah kuah kaldu dan bumbu halus tercampur rata.

 

Resep Tom Yam Homemade Sederhana Anti gagal

Resep Tom Yam Homemade Sederhana Anti gagal
Ilustrasi tom yam/credit: pexels.com

Bahan-bahan:

  • 1/4 kg udang
  • 6 buah jamur kancing
  • 8 butir bakso ikan
  • 1 buah wortel
  • 1/2 potong tahu putih
  • 1 buah tomat
  • 1/2 ons cabai keriting dan rawit 
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • air secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
  • 1 batang serai
  • 2 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya
  • 3 lembar daun jeruk

Cara memasak tom yam: 

  1. Bersihkan udang.
  2. Potong-potong jamur, tahu, bakso ikan, tomat, dan wortel.
  3. Haluskan cabai dan geprek serai.
  4. Tumis cabai dan masukkan serai dan air.
  5. Masukkan daun jeruk, wortel, jamur, bakso ikan, udang, dan tahu.
  6. Tambahkan garam, gula, dan lada bubuk lalu aduk rata.
  7. Masak sampai mendidih dan masukkan tomat.
  8. Aduk rata dan koreksi rasa.
  9. Matikan api.
  10. Sup siap dihidangkan.
Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela