Sukses

Food

Mengenal Perbedaan Udang Rebon dan Ebi Beserta Resep Olahannya

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta makanan seafood, pastinya sudah tidak asing lagi dengan udang rebon dan ebi. Keduanya termasuk jenis yang sama, yakni udang. Karena kemiripannya, udang rebon dan ebi sering dianggap sama, padahal keduanya berbeda, lho. 

Ebi dan udang rebon memang sama-sama berbentuk kecil, namun jika dilihat dari warna atau permukaan kulitnya, maka kamu akan tahu kalau keduanya berbeda. 

Udang rebon memiliki kulit yang sedikit kaku atau keras, warna tubuhnya ungu kehitaman, sementara bagian kaki atau ekornya berwarna merah. Pembuatan udang rebon dengan cara dikeringkan sehingga bentuknya mirip udang kecil segar. 

Sementara ebi sendiri terbuat dari udang yang dikeringkan. Ebi yang direndam dalam air panas akan mengembang serta menjadi seperti udang segar.

Masih ada beberapa perbedaan lainnya yang perlu kamu ketahui. Berikut ini Fimela.com telah merangkum beberapa perbedaan udang rebon dan ebi beserta resep olahannya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Dilihat dari Ukurannya

Perbedaan ebi dan udang rebon bisa dilihat dari ukurannya. Umumnya, ebi memiliki ukuran yang lebih kecil dari udang rebon dan biasanya diolah dengan cara dikeringkan. Berbeda dengan ebi, udang rebon memiliki ukuran dengan panjang badan mencapai 20-25 cm. 

Sedangkan untuk teksturnya, ebi memiliki bentuk yang kering dan bertekstur renyah serta berwana cokelat. Sementara udang rebon ada yang kering maupun basah, serta tubuhnya berwarna ungu kehitaman. Namun setelah dikeringkan, warna udang rebon akan menjadi kuning kecokelatan. 

Dilihat dari Kegunaannya

Ebi dan udang rebon juga bisa dibedakan dari kegunaannya. Sebagai contohnya, udang rebon biasanya digunakan sebagai campuran bahan makanan seperti campuran peyek dan tumisan sayur. Bahkan, kamu juga bisa menyantap udang rebon sebagai lauk pauk, lho. 

Bagaimana dengan ebi? Ebi sendiri biasanya diolah menjadi terasi untuk penyedap sayur atau campuran sambal. Menggunakan ebi sebagai penyedap alami adalah alternatif terbaik karena ebi tidak memberikan dampak buruk bagi tubuh sehingga aman dikonsumsi sehari-hari. 

Tips Mengolah Udang Rebon dan Ebi yang Benar

Kamu perlu tahu cara mengolah udang rebon dan ebi yang benar agar kandungan nutrisi yang ada didalamnya tidak rusak. Tipsnya adalah dengan tidak memasaknya di api yang terlalu panas karena dapat merusak kandungan protein dan omega 3 yang ada pada ebi dan udang rebon. 

Lalu bagaimana cara mengolahnya yang benar? Kamu hanya perlu menambahkannya kedalam makanan yang direbus menggunakan santan, atau menggunakan air putih, atau yang ditumis ditambahkan sebagai tambahan rasa.

Sebagai contohnya, saat kamu memasak daun singkong dan menggunakan santan, maka kamu bisa memasukkan pula ebi ke dalamnya. Perlu diperhatikan juga, jika ebi yang kamu gunakan terasa sangat asin, maka kamu bisa merendamnya terlebih dahulu sebelum diolah. 

 

Resep Tumis Kangkung Ebi

Bahan-bahan:

  • 1 ikat kangkung, cuci bersih lalu potong sesuai selera
  • 1 sdm ebi
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm air (kalau ingin agak berkuah bisa diperbanyak)
  • gula dan garam secukupnya
  • bawang goreng secukupnya untuk taburan

Cara membuat tumis kangkung ebi: 

  1. Panaskan minyak, tumis irisan bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  2. Masukkan ebi, tumis kembali.
  3. Masukkan kangkung, aduk rata.
  4. Tambahkan saus tiram, garam, gula, dan air.
  5. Masak hingga bumbu meresap.

 

Resep Cah Toge Udang Rebon

Bahan-bahan:

  • 150 gram toge
  • 100 gram udang rebon
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit
  • Saos tiram secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat cah toge udang rebon:

  1. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe. Sisihkan.
  2. Bersihkan toge dan udang rebon. Cuci lalu tiriskan.
  3. Tumis bumbu hingga harum, masukkan toge tumis hingga layu.
  4. Tambahkan, udang rebon, saos tiram, gulu dan garam. Tambahkan air. Tes rasa, tunggu hingga toge matang.
  5. Cah Toge Udang Rebon siap disajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading