Sukses

Food

Tak Hanya untuk Pertumbuhan, Simak Manfaat Susu Lainnya

Fimela.com, Jakarta Susu menjadi bagian penting di masa pertumbuhan setiap orang. Susu memiliki peranan penting di setiap tahap kehidupan sehingga menjadi bagian dari gaya hidup. Mulai dari bayi hingga dewasa, setiap orang membutuhkan susu sebagai asupansehat bagi tubuh. Yuk, intip fakta unik dan menarik lainnya tentang susu!

Uniknya, ternyata, ada loh satu hari yang khusus merayakan Hari Susu Sedunia. Yup, Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara jatuh di setiap 1 Juni. Pada perhelatan itu, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali menggaungkan pentingnya penerapan gaya hidup sehat, diantaranya dengan rutin minum susu dan aktif bergerak. 

Setiap individu memerlukan asupan gizi seimbang, salah satunya melalui kandungan di dalam susu. Sebagai salah satu asupan bergizi baik, susu menjadi sumber gizi yang dibutuhkan di setiap tahap, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Tak hanya terkait kesehatan, nyatanya susu menjadi bagian dari keseharian.

Peran susu dalam pemenuhan gizi

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS menegaskan susu mendukung pemenuhan gizi di setiap tahap kehidupan. Salah satu kandungan penting dalam susu yang tubuh perlukan ialah asam amino.

“Setiap individu membutuhkan pemenuhan asupan gizi yang berbeda di setiap tahap kehidupan. Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino, 9 di antaranya adalah asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino non esensial,” ujarnya.

Protein hewani termasuk susu memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap. Selain itu, susu mengandung vitamin dan mineral yang tubuh perlukan. Air susu ibu (ASI) merupakan salah satu jenis susu dengan kandungan terlengkap. 

“Di tahap anak dan remaja, susu mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Sementara pada tahap dewasa dan lansia, susu berperan penting dalam menjaga sistem hormon dan imunitas tubuh, serta mencegah osteoporosis,” ucapnya.

Bagian dari cita rasa Nusantara

Tak hanya mendukung pertumbuhan, kebaikan susu juga nampak di aspek lainnya. Sejak lama, susu dikenal sebagai bagian dari aneka minuman dan makanan tradisional juga modern. 

Banyak orang memanfaatkan susu sebagai bagian dari makanan dan minuman khas Nusantara, baik sebagai bahan utama maupun pelengkap kuliner. Beberapa makanan dan minuman tradisional seperti STMJ, kopi dan teh susu kekinian, boba, puding, hingga aneka kue mengandung susu di dalamnya. 

Tak hanya itu, susu kerap menemani di berbagai momen penting, contohnya sarapan, waktu snacking, menemani olahraga, serta menghabiskan momen bersama keluarga. Ternyata, susu sepenting itu bagi kehidupan ya. Jangan lupa meminum susu untuk terus menjaga asupan gizi seimbangmu, ya!

Penulis: Ersya Fadhila Damayanti

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading