Sukses

Food

Diary Fimela: Oyster Dealer Dorong Edukasi dan Promosi Tiram Lokal dengan Rasa Internasional

Fimela.com, Jakarta Bicara soal hidangan laut, mungkin kamu hanya terpikir kepiting, udang, atau ikan yang disajikan sebagai makanan matang. Namun oyster atau tiram masih cukup asing bagi warga Indonesia sebagai hidangan laut. Apalagi dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Padahal oyster ini punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Untuk mendorong industri oyster di Indonesia, Oyster Dealer hadir sebagai oyster bar pertama di Indonesia sejak 2020. Oyster Dealer menyadari konsumen oyster di Indonesia sebenarnya cukup banyak, namun oyster memiliki citra sebagai makanan premium yang hanya disediakan di hotel berbintang.

"Kami di sini ingin memperluas itu sehingga semua kalangan dapat menyicipi dan menikmati hidangan Oyster premium dengan harga yang terjangkau, ditambah dengan sensasi olahan khusus dari Oyster Dealer, dan suasana gerai kami di pinggir laut, yang semakin memberikan pengalaman luar biasa," tutur Andhika Biantara selaku Owner Oyster Dealer saat diwawancara Fimela.

Oyster Dealer tidak hanya sekadar menyajikan oyster untuk dinikmati melainkan juga sebagai sarana edukasi. Di mana masyarakat Indonesia perlu diedukasi lebih mendalam agar bisa mengenal oyster lebih baik. Mulai dari mengenal jenisnya, manfaatnya, serta cara yang tepat untuk mengonsumsinya.

 

Edukasi ke masyarakat

Hadir di Pantai Indah Kapuk, Oyster Dealer terus melakuka promosi yang berisikan tentang manfaat kandungan dan nutrisi yang ada pada hidangan oyster. Di samping itu, setiap pegawai dipastikan memiliki product knowledge yang baik agar dapat menjelaskan dengan mudah kepada setiap pelanggan.

Soal kualitas, Oyster Dealer tidak memberikan kompromi pada kualitas oyster yang di bawah standar. Andhika mengaku Oyster Dealer memiliki sistem Quality Control yang memastikan tiram tetap memiliki kualitas sesuai standar yang telah ditentukan.

"Oyster Dealer memiliki sistem Quality Control (QC) untuk memastikan penangkaran dan perawatan Oyster di Aquafarm milik kami tetap sesuai standar yang berlaku. Mulai dari suhu airnya, jenis dan kandungan partikel airnya hingga pakan bagi Oysternya semua sesuai dengan habitat aslinya oyster tersebut," jelas Andhika.

 

Memilih oyster lokal

Ada berbagai macam jenis oyster yang disediakan di Oyster Dealer. Semuanya diambil di perairan Indonesia, seperti Sumatera, Lombok, Bali, dan Lampung yang disebut Pacific Oyster dengan kualitas yang tidak kalah baik dari oyster dari luar negeri.

Dari segi cita rasa dan kesegarannya, Pacific Oyster bisa diadu dengan oyster dari luar negeri. Dengan cara ini, Oyster Dealer juga turut mendukung perekonomian nelayan lokal, terutama yang berada di daerah. Disajikan dengan bumbu olahan, Andika yakin oyster yang disajikannya akan memberikan cita rasa yang lebih gurih dan segar.

 

Pencapaian dan inovasi yang hendak dihadirkan

Meski baru mendirikan Oyster Dealer dua tahun lalu, Andhika sebenarnya tidak menyangka akan mendapatkan atensi yang cukup besar dari masyarakat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, setiap hari pengunjung akan mampir dan rela antre demi mencicipi oyster di tempatnya.

"Kami pun pernah diundang untuk menyediakan hidangan makan malam di Kementerian Kelautan dan Perikanan pada April 2021, sungguh merupakan kebanggaan untuk kami, dan juga, beberapa publik figure tanah air juga kerap hadir menjadi tamu reguler kami untuk menikmati hidangan kami di Oyster Bar yang ada di kawasan PIK," cerita Andhika.

Andhika sadar bahwa perjalanan bisnisnya di Oyster Dealer masih panjang. Sehingga ia pun harus terus mengembangkan baik segi produk maupun ekspansi bisnis dengan membuka cabang. Untuk itu, Oyster Dealer berencana untuk menyapa penggemarnya di tengah kota Jakarta, tepatnya di wilayah SCBD, agar semua lapisan masyarakat bisa mencicipi oyster miliknya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading