Sukses

Food

Deretan Tips Membuat Kuah Bakso yang Gurih, Lezat, dan Legit

Fimela.com, Jakarta Bakso kuah adalah hidangan favorit banyak orang. Apalagi saat musim hujan, bakso kuah menjadi menu yang laris manis karena orang akan mengonsumsinya karena kuahnya yang dapat menghangatkan badan. 

Berbicara soal bakso kuah, tidak hanya bakso dan isiannya saja yang membuat hidangan ini nikmat, rasa kuahnya juga ikut berpengaruh. Maka dari itu, saat kamu ingin membuat bakso kuah, ada beberapa hal yang kamu perhatikan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas deretan tips membuat kuah bakso yang gurih, lezat, dan gurih. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Tips Membuat Kuah Bakso

1. Menambahkan Bawang Putih

Tips pertama untuk membuat kuah bakso yang gurih dan legit ialah dengan menambahkan bawang putih. Pasalnya, dalam setiap beragam masakan, bawang putih kerap menjadi bumbu kunci yang dapat membuat hidangan menjadi lebih wangi aromanya. 

Untuk mencampurkannya ke dalam kuah bakso, kamu perlu menghaluskannya atau mencincangnya terlebih dahulu. Sebaiknya tumis dulu hingga harum, lalu campurkan ke dalam kuah bakso. Dijamin setelahnya aroma kuah bakso akan lebih legit dan menggugah selera. 

2. Menambahkan Tulang Sumsum

Selain menambahkan bawang putih, kamu juga perlu menambahkan tulang sumsum ke dalam kuah bakso. Campuran tulang sumsum, akan membuat kuah bakso menjadi lebih gurih dan berlemak. Namun, sebelum mencampurkannya, pastikan tulang sumsum sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum direbus.

Tips Membuat Kuah Bakso

3. Menambahkan Tetelan

Bsgi sebagian orang, kuah bakso akan terasa lebih lezat saat ditambahkan campuran tetelan ke dalamnya. Hal ini karena tetelan dapat memberikan tambahan lemak pada kuah bakso.

Semakin lama dimasak, semakin banyak lemak yang dikeluarkan, maka semakin nikmat pula cita rasa kuah bakso yang dihasilkan. Namun, tips yang satu ini tidak wajib, kok. Jika kamu kurang nyaman menambahkan tetelan ke dalam kuah bakso, kamu boleh melewatkan tips yang satu ini. 

4. Merebus Kuah Bakso Dua Kali

Terkadang karena rasa lapar yang tidak tertahankan atau hanya ingin menghemat waktu, kita hanya merebus kuah bakso satu kali saja. Padahal, kamu sebenarnya perlu merebusnya sebanyak dua kali. 

Pada rebusan pertama berguna untuk membuang kotoran dan sisa darah pada tulang sumsum. Sementara rebusan kedua untuk memancing lemak pada tulang sumsum keluar. 

5. Menyimpan Kuah Bakso secara Terpisah

Terkadang kamu akan membuat kuah bakso dalam jumlah yang banyak sebagai stok jika sewaktu-waktu kamu hendak ingin menyantap kembali bakso kuah di lain waktu. Nah, pastinya kamu perlu memperhatikan cara penyimpanan kuahnya dengan benar. 

Disarankan agar kamu menyimpan kuah bakso secara terpisah atau diatur per porsi. Pasalnya, kuah bakso yang disimpan bersamaan dan dihangatkan berkali-kali bisa membuat kualitas rasa kuahnya berkurang.

Resep Kuah Bakso Sapi Spesial

Bicara mengenai bakso kuah, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas resepnya juga, bukan? Untuk itu, berikut adalah resep kuah bakso sapi spesial yang bisa kamu coba buat di rumah: 

Bahan-bahan:

  • ½ kg tulang iga sapi
  • 5 siung bawang putih goreng, haluskan
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdm bawang putih goreng
  • 2 batang daun bawang
  • 1 batang daun seledri
  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk
  • Gula, secukupnya
  • Penyedap masakan, secukupnya jika suka
  • 2 liter air

Cara membuat kuah bakso sapi spesial:

  1. Rebus tulang iga sapi hingga mendidih dan bagian dagingnya empuk. Angkat tulang iga, tiriskan. Diamkan kuah tulang beberapa saat. Ambil bagian atas kuah yang bening untuk membuat kuah bakso.
  2. Rebus kembali air kuah tulang yang ditambah sedikit air.
  3. Masukkan tulang iga sapi yang telah direbus ke dalam kuah.
  4. Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan. Tambahkan garam, kaldu sapi bubuk, lada bubuk, gula dan penyedap masakan.
  5. Tambahkan daun bawang, daun seledri, bawang putih goreng dan bawang merah goreng.
  6. Rebus semua bahan hingga kuah mendidih, koreksi rasa.
  7. Matikan kompor, sajikan kuah bakso bersama bakso dan toping lengkapnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading