Sukses

Food

Tips Mengolah Ampela Ayam agar Teksturnya Empuk dan Tidak Berbau Amis

Fimela.com, Jakarta Selain dada dan paha, bagian dari badan ayam yang sering diolah menjadi sajian masakan ialah ampelanya. Padahal ampela ayam merupakan bagian dari badan ayam yang sulit diolah, lho. 

Bagaimana tidak, ampela ayam memiliki teksur yang keras dan baunya cukup amis. Maka dari itu, ampela ayam kadang diabaikan atau dibuang begitu saja. 

Nah, untuk kamu yang ingin mengolah ampela ayam, ada beberapa tips khusus yang perlu kamu lakukan. Tips ini akan membuat ampela ayam menjadi empuk dan bau amisnya jadi berkurang. 

Untuk lebih jelasnya, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas tips mengolah ampela ayam agar teksturnya empuk dan tidak berbau amis. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

1. Menerapkan Teknik Blanching

Tips pertama yang perlu kamu lakukan saat akan mengolah ampela ayam ialah menerapkan teknik memasak blanching. Mungkin teknik memasak yang satu ini belum pernah kamu dengar sebelumnya, namun cara ini efektif untuk membuat tekstur ampela ayam menjadi lebih lunak. 

Teknik blanching merupakan teknik memasak dengan cara merebus makanan di dalam air dalam waktu singkat. Untuk ampela ayam sendiri, kamu bisa merebusnya sekitar 10 detik sampai muncul buih di permukaan air.

Agar bau amisnya hilang pada saat direbus, kamu bisa mencampurkan aneka rempah aromatik ke dalam rebusan air seperti daun salam, daun jeruk, serai, atau lengkuas. Setelah itu, buang air rebusan, kemudian cuci jeroan dengan air mengalir sampai bersih.

 

2. Merebus Ampela Ayam

Selanjutnya, tips mengolah ampela ayam yang kedua ialah dengan cara merebusnya. Namun, lagi-lagi hal ini tergantung dari sajian ampela ayam yang ingin kamu buat ya, Ladies. 

Jika kamu ingin mengolahnya menjadi sajian ampela ayam balado, maka kamu disarankan untuk merebus ampela ayamnya sampai empuk. Setelah itu, baru kamu memberi bumbu balado dan tinggal dimasak sampai matang dengan sempurna. 

Menurut beberapa sumber, untuk mendapatkan tekstur ampela ayam yang empuk, kamu perlu mengungkepnya selama kurang lebih 30 menit. Cara ini akan membuat ampela ayam menjadi lebih lunak dan bau amisnya juga ikut berkurang.

 

 

3. Melumuri Ampela Ayam dengan Tepung Bumbu Siap Saji

Berikutnya, tips mengolah ampela ayam yang bisa kamu terapkan di rumah ialah menggunakan tepung bumbu siap saji untuk membuat tekstur ampela ayam menjadi lebih empuk. Pastinya tepung bumbu siap saji bukan bahan makanan yang sulit didapatkan, kamu bisa membelinya dengan mudah di toko kelontong atau toko sayur terdekat. 

Untuk membuat tekstur ampela ayam menjadi empuk, yang kamu perlu lakukan hanya mengempukkan hati dan ampela ayam. Teknisnya, lumuri terlebih dahulu ampela ayam dengan tepung bumbu siap saji. Kemudian, remas-remas perlahan agar tepung meresap. Setelah itu, kamu bisa langsung menggorengnya hingga matang. 

 

Resep Ati Ampela Ayam Ungkep

Nah, setelah kamu tahu beberapa tips untuk mengolah ampela ayam, kini saatnya kamu untuk mulai coba membuat hidangannya. Salah satu hidangan sedap yang bisa kamu coba buat di rumah adalah ati ampela ayam ungkep. 

Sajian yang satu ini cukup praktis dan tidak memerlukan teknik memasak yang rumit. Berikut adalah resep ati ampela ayam ungkep: 

Bahan-bahan:

  • 7 pasang hati ampela ayam
  • 2 batang serai, dimemarkan, diiris
  • 2 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
  • 2 buah asam kandis
  • 2 lembar daun salam
  • 400 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu halus: 

  • 1 sendok teh gula merah
  • 2 cm kunyit, dibakar
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 4 butir kemiri, disangrai
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 cm jahe
  • 1 1/4 sendok teh garam

Cara membuat resep ati ayam ampela ungkep:

  1. Aduk rata hati ampela, asam kandis, serai, daun jeruk, daun salam, bumbu halus, dan sebagian santan. Masak diatas api kecil sampai santan berkurang (asat).
  2. Tuang sisa santan secara bertahap. Masak sampai matang dan meresap. Angkat dan tiriskan.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan diatas api sedang sampai kecokelatan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading