Sukses

Food

How To: Cara Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas Agar Tetap Segar dan Kualitasnya Terjaga

Fimela.com, Jakarta Lemari es atau kulkas memang menjadi barang elektronik yang diandalkan ibu rumah tangga dalam menyimpan makanan. Kulkas yang memiliki suhu rendah memberikan manfaat untuk memastikan kualitas makanan tetap terjaga.

Sayangnya, aspek ini kerap diabaikan dengan tidak memerhatikan cara menyimpan makanan di dalam kulkas. Menurut Global Food Safety Index 2021 menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat 95 dari 113 negara di dunia dalam aspek penilaian kualitas dan keamanan pangan. Ini berarti, kesadaran masyarakat terkait kualitas dan keamanan pangan yang dikonsumsi masih tergolong rendah.

Umumnya, masyarakat masih mengalami kesulitan dalam membedakan tampilan dan bau tertentu, yang menandakan keamanan makanan yang mereka konsumsi. Berdasarkan Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), 1 dari 10 orang di dunia jatuh sakit akibat makanan yang terkontaminasi setiap tahunnya.

 

Kualitas makanan yang buruk jadi penyebab penyakit

Sementara di Kawasan Asia Pasifik, FAO mencatat setiap tahun ada lebih dari 275 juta orang jatuh sakit akibat penyakit bawaan makanan di kawasan ini . Adanya budaya makanan yang sangat beragam di Asia Pasifik menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah terkait keamanan pangan, yang memerlukan solusi dengan pendekatan yang terintergrasi.

Sebagai merek perabotan rumah tangga, Beko menghadirkan inovasi teknologi yang disebut HarvestFresh. Teknologi ini memastikan kesegaran makanan tetap terjaga untuk waktu yang lebih lama sekaligus hemat energi.

Selain dari teknologi yang mumpungi, penting juga bagi masyarakat untuk memahami cara menyimpan makanan di dalam kulkas. Berikut beberapa tips yang dibagikan Beko untuk Sahabat Fimela.

 

1. Jaga kebersihan agar tetap aman

Pastikan kebersihan peralatan memasak, serta rajin mencuci tangan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan area dapur dan bahan pangan dari paparan serangga serta binatang lain, yang dapat mempengaruhi higenitas pangan yang akan dikonsumsi.

 

2. Pisahkan bahan pangan mentah dan matang

Simpan bahan pangan mentah dan matang dalam wadah terpisah untuk menghindari kontaminasi silang. Pangan mentah seperti daging dan seafood menghasilkan cairan mengandung mikroba yang dapat mencemari pangan lain selama proses penyimpanan dan pengolahan. Selain itu, gunakan peralatan seperti pisau atau talenan yang terpisah untuk mengolah bahan mentah.

Lemari es Beko menghadirkan Meatzone di beberapa seri nya. Dengan adanya tempat penyimpanan yang teroganisir di dalam lemari es, berbagai bahan makanan akan lebih terjaga kesegarannya, karena tidak tercampur dengan bahan makanan lain yang tersimpan di lemari es.

Sementara fitur teknologi IonGuard® yang berfungsi untuk menetralkan bakteri, virus dan partikel yang dapat menyebabkan bau tidak sedap sehingga makanan yang tersimpan di dalam lemari es. Adapula teknologi NeoFrost™ yaitu 2 sistem pendinginan terpisah yang tidak membuat bau tercampur antara freezer dan pendingin.

 

3. Pastikan kesegaran bahan makanan

Tidak kalah penting adalah memastikan bahan pangan yang akan dikonsumsi terjaga kesegaran dan kualitasnya. Makanan olahan umumnya memiliki waktu konsumsi yang lebih panjang. Meski demikian, penting untuk memperhatikan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa secara berkala. Sedangkan bahan makanan segar seperti sayur dan buah, biasanya lebih cepat layu dan rusak. Karenanya, cara penyimpanan dan suhu yang tepat menjadi kunci untuk menjaga kualitas tetap terjaga. Teknologi HarvestFresh™ dari Beko, mampu menstimulasikan 3 sinar matahari dalam perangkat, untuk menjaga nutrisi dan vitamin pada sayur dan buah tetap terjaga.

Sementara teknologi EverFresh+ membantu menjaga kesegaran buah dan sayur 3x lebih lama. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan sayur dan buah lebih lama, untuk dapat dikonsumsi dengan nutrisi yang tetap terjaga, sekaligus mengurangi produksi sampah makanan rumah tangga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading