Sukses

Food

5 Tips Agar Beras Tidak Berkutu yang Mudah Dicoba di Rumah

Fimela.com, Jakarta Nasi menjadi makanan pokok hampir semua masyarakat Indonesia. Setiap pagi, hampir dipastikan bahwa masyarakat Indonesia memasak nasi untuk sumber energi atau makanan pokok sehari-hari. Saat bangun pagi dan ingin memasak nasi, rasanya tidak lucu jika kita mendapati beras yang disimpan berkutu. 

Melihat beras yang berkutu tidak jarang membuat selera masak dan makan menurun. Beras yang berkutu juga akan membuat kita merasa sangat sebal. Lantas, bagaimana mengatasi beras yang berkutu ini? Dilansir dari berbagai sumber dan dari oengalaman pribadi, kali ini Fimela memiliki tips agar beras tidak berkutu. Berikut beberapa tips tersebut.

Simpan di Wadah Tertutup dan Bersih

Pastikan untuk menyimpan beras di wadah yang tertutup dan bersih. Simpan juga beras di tempat yang kering. Stok beras secukupnya setidaknya untuk persediaan selama sebulan. Dengan mengganti beras selama sebulan sekali, ini akan menurunkan risiko beras berkutu. Ini juga akan membuat beras tetap fresh walau disimpan dalam waktu cukup lama.

Manfaatkan Bawang Putih

Kamu bisa memanfaatkan bawang putih agar beras tidak berkutu. Masukkan satu bungkul bawang putih ke dalam wadah untuk menyimpan beras. Aroma menyengat bawang putih tidak disukai oleh kutu beras dan serangga lainnya.

Manfaatkan Kulit Kayu Manis

Tips selanjutnya adalah manfaatkan kulit kayu manis. Sama seperti bawang putih, aroma pada kulit kayu manis juga tidak disukai oleh kutu beras. Masukkan sedikit kulit kayu manis ke dalam wadah penyimpanan beras.

Manfaatkan Daun Jeruk Purut

Kamu juga bisa memanfaatkan daun jeruk purut untuk mengusir atau mencegah adanya kutu beras. Ambil beberapa lembar daun jeruk purut kemudian masukkan ke dalam wadah penyimpanan beras.

Manfaatkan Kopi

Kopi yang telah disangrai memiliki aroma yang cukup menyengat. Kamu bisa memaanfaatkan kopi utuh atau bubuk kopi yang telah disangrai untuk mengusir dan mencegah kutu pada beras. Tempatkan kopi ke dalam plastik yang telah dilubangi kecil-kecil dan masukkan plastik tersebut ke dalam wadah penyimpanana beras. 

Itulah beberapa tips agar beras tidak berkutu. Semoga tips dapur yang mudah ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading