Ketahui 5 Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Tapioka

Vania Al kautsar22 Jun 2022, 12:37 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 12:45 WIB
Tepung - vania

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang masih awam memasak mungkin saja tidak tahu banyak hal tentang perbedaan jenis bahan makanan di dapur, terkadang jika dilihat dengan mata beberapa bahan memiliki bentuk, tekstur, hingga bau yang sama jadi sangat sulit untuk membedakan.

Bahan utama untuk memasak roti, kue, dan lainnya adalah tepung. Tentu tak asing di telinga kita mendengar istilah tepung terigu, tepung tapioca, tepung roti, tepung sagu, dan masih banyak lainnya.

Ternyata yang membedakan diantara beberapa jenis tepung tersebut adalah tekstur nya dan bau yang khas, mungkin bagi kita yang jarang memasak akan sulit untuk membedakan beberapa jenis tepung. Berikut beberapa penjelasan dan perbedaan tepung terigu dan tepung tapioka:

1. Bahan Utama

Tepung - vania
Ilustrasi Tepung/https://unsplash.com/Immo Wegmann

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan dari tepung terigu dan tepung tapioca adalah bahan dasar atau bahan utama. Tepung terigu sendiri terbuat dari beberapa bijian gandum yang digiling kemudian dihaluskan dan menghasilkan butiran berwarna putih. Sedangkan, tepung tapioka terbuat dari hasil pengeringan pati singkong.

2. Tekstur

Tepung - vania
Ilustrasi Tepung/https://unsplash.com/Sonia Nadales

Perbedaan bahan dasar tentu dapat dirasakan juga pada perbedaan tekstur yang dimiliki keuda tepung ini. Tepung terigu sendiri memiliki tekstur yang agak kesat dan cukup melekat di tangan saat dipegang. Sedangkan, tepung tapioca sendiri lebih licin dan cukup sulit untuk menyatu jika dicampur dengan air yang memiliki suhu normal.

3. Warna

tepung
Ilustrasi tepung/copyright freepik.com

Jika kamu memperhatikan secara tajam, perbedaan lain dari tepung terigu dan tepung tapioka sendiri adalah warna. Perbedaan warna dari kedua tepung ini dapat terlihat, tepung terigu memiliki warna yang cenderung pucat karena bahan dasarnya adalah biji gandum. Sedangkan, tepung tapioka memiliki warna putih seperti gula halus.

4. Perbedaan Jenis

tepung terigu
ilustrasi tepung telur bahan kue/spicyPXL/Shutterstock

Ada beberapa jenis tepung terigu yaitu berdasarkan kandungan protein, seperti tepung terigu sendiri memiliki kandungan protein rendah, sedang, dan tinggi. Biasanya semakin tinggi jenis kandungan protein pada tepung terigu akan semakin tinggi tingkat kekenyalannya. Sedangkan, tepung tapioka hanya memiliki satu jenis saja.

5. Manfaat atau Penggunaannya

Tepung Serbaguna
Ilustrasi tepung serbaguna/credit: pixabay.com

Selain itu beberapa perbedaam yang dapat kamu rasakan pada tepung terigu dan tepung tapioka adalah manfaat atau penggunaannya sendiri. Mungkin kamu akan mengetahui bahwa teoung terigu biasanya digunakan sebagai salah satu bahan adonan untuk membuat kue hingga beberapa makanan yang digoreng.

Sedangkan, tepung tapioka lebih umum digunakan untuk membuat makanan seperti cilok, cimol, maupun bakso. Selain itu tepung tapioka juga dapat dimanfaatkan sebagai pengental makanan atau pengganti tepung maizena.

Ada banyak perbedaan dari tepung tapioka dan tepung terigu sendiri yang mungkin dapat kamu perhatikan. Terkadang, beberapa perbedaan ini terlihat sangat jelas jika kamu membandingkan keduanya, untuk itu mulai sekarang kamu tak perlu khawatir dengan perbedaan kedua tepung tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela