Kenali Perbedaan Daun Bawang dan Lokio

0(0)
Kezia Prasetya Christvidya02 Jul 2022, 07:24 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 07:24 WIB
lokio

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela menggunakan lokio sebagai bahan masakan? Daun lokio hampir sama dengan daun bawang. Sehingga ada sebagian orang sering keliru membedakan keduanya.

Lokio merupakan daun bawang Batak, yang sering digunakan untuk membuat masakan Batak. Lokio memiliki rasa yang enak dan beraroma wangi menyegarkan. Selain digunakan sebagai bahan masakan Batak, lokio juga bisa digunakan untuk membuat berbagai macam masakan.

Lokio sangat mudah ditemukan di pasar maupun supermarket. Harga lokio tergolong cukup ekonomis. Agar tidak bingung perbedaan daun bawang dan lokio, simak artikel berikut ini:

Lokio

lokio
ilustrasi lokio/SUNG MIN/shutterstock

Lokio atau daun bawang Batak adalah salah satu jenis bawang, yang bisa digunakan untuk memasak. Lokio juga sering disebut dengan chives dalam bahasa Inggris. Walaupun lokio lebih sering digunakan untuk membuat masakan Batak, tetapi lokio bisa digunakan untuk membuat berbagai macam masakan.

Lokio memiliki bentuk yang hampir sama dengan daun bawang. Tetapi lokio memiliki bentuk bonggol yang lebih kecil, warnanya putih dan daunnya kecil memanjang. Memang sekilas lokio dan daun bawang hampir mirip.

 

Lokio memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Lokio dapat membantu menyehatkan jantung, meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah kanker. Bahkan lokio bisa membantu memperbaiki kualitas tidur dan menjaga kesehatan mata.

Daun Bawang

daun bawang
ilustrasi daun bawang/RHJPhtotos/shutterstock

Sahabat Fimela pasti sering kali menemukan daun bawang dalam penyajian masakan. Daun bawang ini sangat sering digunakan untuk sop, martabak, mie maupun telur. Daun bawang memiliki batang dan daun yang ukurannya lebih besar dari lokio.

Daun bawang sering disebut dengan bawang prei yang memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat daun bawang adalah untuk mengurangi peradangan, meningkatkan sistem imunitas, menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker. Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi daun bawang bisa membantu mempercepat proses menurunkan berat badan.

Daun bawang yang bisa dikonsumsi mentah ini, juga bisa membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah penyakit sembelit. Daun bawang juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan fungsi otak.

Tumis Bawang Lokio

lokio
Ilustrasi lokio Credit: pexels.com/mali

Bahan-bahan:

  • 200 gram Bawang Lokio / Bawang Batak
  • 2 siung Bawang Merah
  • 2 siung Bawang Putih
  • 10 gram Ikan Teri
  • secukupnya Cabai (Cabe) Merah
  • 2 sendok makan Minyak Goreng
  • secukupnya Garam

Cara membuat:

  1. Ulek bawang merah, bawang putih, cabe dengan kasar, sehingga tidak perlu terlalu halus.
  2. Tambahkan ikan teri ke dalam ulekan.
  3. Potong bawang lokio sesuai selera setelah dibersihkan.
  4. Lalu tumis bumbu hingga harum, dan masukkan bawang lokio.
  5. Tambahkan sedikit garam dan air. Aduk dan tunggu sampai matang. Sajikan.
Lanjutkan Membaca ↓

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela