Tips Menyimpan Daging di Kulkas Agar Tetap Segar dan Tahan Lebih Lama

Mimi Rohmitriasih01 Jul 2022, 19:15 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 19:15 WIB
Daging wagyu

Fimela.com, Jakarta Daging merupakan  bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Baik daging sapi atau daging kambing, keduanya bisa diolah menjadi berbagai olahan yang siap memanjakan lidah. Bicara mengenai daging, mendekati Hari Raya Idul Adha, mungkin sebagian dari kita akan memiliki stok daging kurban yang cukup melimpah. Tentu hal ini membuat kita untuk menyimpan sebagian daging kurban di kulkas. 

Mengenai penyimpanan daging, ketika cara kita menyimpan daging tidak benar, ini akan berpengaruh pada kualitas rasa, warna dan tekstur daging. Daging yang tidak disimpan dengan cara benar juga akan sangat mungkin berpengaruh pada kesehatan kita sekeluarga nantinya. Jadi, gimana kira-kira cara menyimpan daging yang benar? 

Melansir dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi, ada beberapa tips atau cara menyimpan daging di kulkas agar tetap segar dan tahan lebih lama. Berikut beberapa tipsnya.

Daging Tak Perlu Dicuci

Daging
Ilustrasi Daging Sapi Credit: pexels.com/Beccera

Daging yang hendak disimpan di kulkas tidak perlu dicuci terlebih dulu jika memang daging itu bersih dan tidak ada sisa kotora., Biasanya daging sapi atau kambing sudah bersih. Kamu bisa mencuci daging saat hendak dimasak nanti atau setelah direbus hingga empuk.

Segera Masukkan Daging ke Kulkas

daging segar
Ilustrasi daging segar/copyright freepik.com/mdjaff

Saat memiliki daging dalam jumlah banyak, pastikan untuk segera menyimpan daging segar ke dalam kulkas. Sebaiknya daging tidak berada di suhu ruang lebih dari 2 jam. Saat menyimpan di kulkas ini, usahakan untuk tidak langsung menyimpannya di freezer. Simpan dulu di bagian chiller yang bersuhu sekitar 4 derajat celcius untuk menyesuaikan suhu. Setelah satu atau dua jam, kamu bisa menyimpan daging dari chiller menuju freezer.

Bungkus Rapat Daging yang Disimpan

Tips Menghilangkan Aroma Prengus Daging Kambing
Ilustrasi Daging Kambing Credit: unsplash.com/Wesual

Pastikan untuk membungkus rapat daging yang disimpan di kulkas. Kamu bisa membungkus daging dengan plastik kedap udara atau dengan stoples khusus menyimpan makanan di kulkas. Semakin rapat kamu membungkus daging yang disimpan, semakin terjaga kualitas rasa, rupa dan teksturnya meski daging telah disimpan dalam waktu lama. 

Hindari Menyimpan Daging Dekat Makanan Berbau Menyengat

Tips Mengolah Daging Kurban agar Tidak Berbau dan Menjadi Lebih Empuk
Ilustrasi Daging Kurban Credit: pexels.com/Voinova

Hindari menyimpan daging dekat dengan bahan makanan yang berbau menyengat. Daging yang disimpan di dekat bahan makanan dengan bau menyengat bisa terpengaruh oleh bau tersebut dan mengalami penurunan kualitas rasa serta aroma. 

Itulah beberapa tips sederhana menyimpan daging di dalam kulkas agar tahan lebih lama dan awet segar. Ketika hendak memasak daging yang sebelumnya disimpan di freezer dan telah mengeras, usahakan agar membiarkan daging lunak. Jangan langsung memasak daging yang telah menjadi es ke dalam rebusan air mendidih karena ini cukup berbahaya buat kesehatan. Semoga tips ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela