Apa itu Tahu Gejrot? Begini Resep Ala Rumahan yang Praktis

0(0)
Vania Al kautsar04 Jul 2022, 12:48 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 12:48 WIB
resep tahu gejrot tanpa asam jawa

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Mungkin diantara kamu ada yang tahu tentang tahu gejrot biasanya jajanan satu ini sering dijual di sekitar sekolah. Tahu budget sendiri merupakan salah satu makanan khas dari Cirebon yang banyak disukai selain itu kita juga akan sering menjumpai makanan satu ini.

Tahu gejrot memiliki rasa yang khas pedas dan bumbu yang nikmat, apalagi jika disajikan saat siang hari. Memiliki rasa yang unik dan harga yang sangat terjangkau tentu membuat tahu gejrot banyak diminati oleh orang.

Tak hanya memiliki rasa yang enak ternyata tahu gejrot sendiri mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa penjelasan tentang tahu gejrot dan resep yang dapat kamu coba:

Tentang Tahu Gejrot

tahu gejrot
Resep tahu gejrot./Copyright shutterstock.com

Seperti yang kita tahu tahu gejrot merupakan makanan khas dari Cirebon, tahu gejrot sendiri merupakan tahu gembos yang biasanya dihidangkan bersama kuah kecap, cabai rawit, bawang merah, serta gula merah.

Tahu gembos atau tahu yang dipakai pada tahu gejrot sendiri merupakan jenis dari tahu Sumedang, nama tahu gejrot sendiri ternyata berasal dari cair yang berupa gula kelapa encer sebagai penyebab yang dialirkan dari botol kaca serta diguncangkan dan menimbulkan bunyi “jrot jrot jrot”.

Meskipun makanan khas Cirebon ternyata untuk menemukan tahu gejrot sendiri tidak begitu susah, karena banyak orang yang menjual tahu gejrot sendiri terutama beberapa orang terkadang menjualnya menggunakan gerobak untuk berjualan tahu gejrot.

Resep Tahu Gejrot

tahu gejrot
ilustrasi tahu gejrot/copyright by Aris Setya (Shutterstock)

Kamu dapat mencoba beberapa resep di bawah ini untuk membuat tahu kecedot Allah rumahan yang mudah dan praktis:

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu Kopong coklat atau tahu Sumedang.
  • 2 Siung bawang merah.
  • 2 Siung bawang putih.
  • 6 buah cabai rawit hijau.
  • 2 sdm gula merah.
  • 4 ml kecap manis.
  • 10 ml cuka putih.
  • 500 ml minyak goreng.

 

Cara memasak:

tahu gejrot
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Aris Setya
  1. Langkah pertama yang kamu dapat kamu lakukan adalah menggunakan wajan dan panaskan minyak dengan api yang sedang. Setelah api panas goreng tahu hingga matang dan saring minyaknya, jangan lupa untuk menggunting tahu menjadi beberapa bagian kecil.
  2. Setelah itu kamu dapat menggulek cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan garam lalu sisihkan.
  3. Kemudian masukan air di dalam panci kecil serta gula merah, kecap manis, air cuka, dan rebus hingga matang serta terlihat berwarna coklat pada kuah. Lalu mati matikan api dan diamkan di suhu ruangan.
  4. Tahu yang sudah dipotong taruh di atas piring, serta bumbu ulek dan kuah yang sudah hangat lalu siram. Aduk dua hingga tiga kali agar bumbu tercampur rata. Sajikan selagi hangat.

Tahu gejrot ala rumahan satu ini sangat praktis dan mudah untuk dibuat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela