Sukses

Food

5 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan Makanan Berminyak

Fimela.com, Jakarta Makanan berminyak memang selalu menggugah selera, bukan? Meski kamu memahami risiko yang timbul akibat mengonsumsi makanan berminyak, rasanya agak sulit untuk menolaknya.

Perlu dipahami bahwa makanan berminyak tidak selalu merupakan makanan yang digoreng. Nasi yang diberi mentega atau bahkan martabak juga tergolong makanan berminyak.

Ketika kita mengonsumsi makanan berminyak berlebih membuat tubuh lebih berisiko akan masalah kesehatan. Konsumsi makanan berminyak akan memberikan gejala normal seperti, perut bergas, merasa kembung, dan gangguan pencernaan.

Jika sudah terlanjur mengonsumsi makanan berminyak terlalu banyak, bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja?

 

1. Air hangat

Air menjadi cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh ketika salah makan. Termasuk saat mengonsumsi makanan berminyak berlebih. Direkomendasikan untuk mengonsumsi air hangat karena dapat membantu mempercepat pencernaan dalam menangani makanan berat.

 

2. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman kaya flavonoid akan menambahkan antioksidan yang membantu menyeimbankan beban oksidatif, yang terjadi karena makanan berminyak pada sistem percernaan.

 

3. Berjalan kaki

Setelah mengonsumsi makanan berat akan menyebabkan ketidaknyamanan di perut. Ternyata, berjalan kaki singkat selama 20 menit setelah makan berat dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Ini juga membantu kamu menurunkan berat badan.

 

4. Jauhi makanan dingin

Makanan dingin menjadi selalu pilihan untuk dessert. Namun setelah mengonsumsi makanan berminyak, disarankan untuk menjauhi makanan dingin. Apabila makan makanan dingin setelah mengonsumsi makanan berminyak akan memberikan dampak buruk pada hati, lambung, dan usus. Makanan yang dimakan akan lebih sulit dicerna dan menyebabkan pencernaan mengalami stres yang berlebihan. Ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang parah dan kembung.

 

5. Rencanakan makan berikutnya dengan baik

Jika kamu sudah makanan berlebihan untuk satu kali makan, pastikan jadwal makan berikutnya diisi dengan makanan ringan. Cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayuran bersama dengan menambahkan protein.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading