Sukses

Health

10 Penyebab Perut Tidak Nyaman yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang terkadang akan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berlebihan, terkadang mereka akan makan secara bermasaan. Hal inilah yang terkadang dapat membuat mereka mengalami gangguan pencernaan, kepenuhan makanan, atau terkadang mual.

Tetapi, jika kamu mengalami sakit perut saat makan, hal ini mungkin sangatlah normal akan tetapi, jika hal ini terjadi terus menerus dapat menandakan adanya masalah dalam tubuh. Ternyata sebagian besar yang menyebabkan perut mengalami gangguan pencernaan adalah mereka yang tidak memerlukan perhatian medis.

Perut yang tak nyaman setelah makan tentu membutuhkan perhatian medis, masalah ini terkadang menandakan adanya sesuatu yang tidak baik. Berikut beberapa penyebab perut tidak nyaman yang mungkin kamu alami:

1. Makanan

Beberapa orang terkadang akan mengalami reaksi yang kurang baik terhadap makanan yang mereka konsumsi, mungkin setelah kamu konsultasi dengan dokter akan mengetahui beberapa makanan yang membuatmu alergi atau tidak toleran dengan makanan. Jika kamu sudah mengetahui makanan yang membuat kamu tidak nyaman, ada baiknya untuk menghindari makanan tersebut.

2. Alergi

Alergi makanan akan terjadi ketika tubuh merasakan adanya sesuatu yang tak nyaman dan membuat tubuh salah mengira makanan tertentu, sehingga dapatberbahaya bagi sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan antibodi dan melawannya. Respon dari beberapa kekebalan inilah yang terkadang akan membuat seseorang mengalami sakit perut, berikut beberapa makanan yang paling banyak membuat seseorang alergi:

  • Telur.
  • Susu.
  • Kacang tanah.
  • Kedelai.
  • Ikan dan kerang.
  • Gandum.

3. Makan Berlebihan

Sakit perut yang terjadi terkadang dapat disebabkan oleh makan makanan yang terlalu cepat dikunyah atau berlebihan dalam mengkonsumsinya. Ketika kita makan yang berlebihan terkadang akan sulit untuk meluangkan waktu mengunyah dan menyepelekan sisa makanan yang terdapat di piring.

4. Makanan Pedas

Cabai rawit sering menjadi salah satu bahan makanan untuk membumbui makanan pedas, terkadang beberapa makanan pedas dapat mengandung capsaicin atau bahan kimia yang dapat menyebabkan sensasi panas atau terbakar. Capsaicin inilah yang dapat mengiritasi bagian sensitif dalam tubuh, termasuk perut yang tidak nyaman.

5. Gangguan Pencernaan

Seseorang yang mengalami gangguan pencernaan setelah makan atau minum, terkadang akan merasakan kembung atau sakit. Lambung tentu mengandung asam untuk memecah makanan, terkadang hal inilah yang dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Kafein

Kafein merupakan stimulant yang sering ditemukan pada minuman teh maupun kopi, ternyata kafein dapat mengiritasi perut dan menyebabkan ketidaknyaman bagi beberapa orang. Jika kamu sering mengkonsumsi teh atau kopi, ada baiknya untuk mengurangi minuman tersebut apabil perut terasa tidak nyaman setelahnya.

7. Alkohol

Minuman beralkohol ternyata dapat menyebabkan oerut kembung, terutama saat kamu mengkonsumsi minuman yang mengandung karbonasi. Minuman berkarbonasi merupakan bir atau anggur yang bersoda, terkadang minuman inilah yang dapat memperburuk perut.

8. Gasritis

Gastritis ternyata dapat menyebabkan lapisan lambung dan membuatnya menjadi meradang, seseorang yang menderita gastritis terkadang dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, dan gangguan pencernaan. Gastritis yang mungkin terjadi dapat diatasi dengan mengatur pola makan.

9. Penyakit Radang Usus

Penyakit radang usus terkadang dapat meradang dan menyebabkan berbagai gejala, salah satunya yang paling sering adalah sakit perut. Selain itu penyakit radang usus merupakan salah satu kondisi jangka panjang yang diperlukan pengobatan khusus dan perubahan gaya hidup.

10. Sakit Maag

Maag atau tukak lambung, merupakan luka yang dapat berkembang pada lapisan perut. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit yang terbakar di bagian tengah perut, sakit maag seringkali terjadi karena infeksi  selain itu beberapa obat-obatan yang kamu konsumsi dapat menyebabkan perut terasa sakit.

Jika kamu mengalami sakit perut setelah makan, mungkin ada beberapa makanan yang membuat kamu intoleran terhadapnya atau mungkin hal ini menunjukan bahwa kamu alergi terhadap makanan tersebut. banyak gejala perut tak nyaman setelah mengkonsumsi beberapa makanan maupun obat-obatan, hal ini dapat kamu lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading