Sukses

Food

Tips Memasak Beras Basmati Agar Lebih Pulen dan Empuk

Fimela.com, Jakarta Beras basmati merupakan beras yang banyak ditanam di India dan Pakistan. Dibandingkan dengan beras di Indonesia pada umumnya, beras basmati memiliki bentuk yang lebih panjang dan runcing. Beras ini juga memiliki tekstur yang lebih keras saat dimasak. Meski begitu, degan cara memasak yang tepat, beras basmati pun akan lebih pulen dan empuk. 

Untuk memasak beras basmati yang lebih pulen dan empuk, ada beberapa tips yang bisa Sahabat Fimela coba di rumah. Bagaimana tipsnya? Simak yang berikut ini.

Cuci Beras Sebelum Dimasak

Tips pertama adalah cuci beras sebelum dimasak. Cuci beras hingga air beras jadi lebih bening. Sama dengan memasak beras pada umumnya, mencuci beras juga berlaku pada beras basmati.

Merendam Beras

Merendam beras juga perlu dilakukan sebelum memasaknya. Kenapa beras basmati harus direndam dulu? Ini agar nasi yang telah matang nantinya lebih pulen dan empuk. Merendam beras basmati sebelum dimasak bisa dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam.

Perhatikan Lama Memasak

Untuk memasak beras basmati di panci, kamu sebaiknya memasaknya selama 30 - 45 menit menggunakan api kecil ke sedang. Kukus beras basmati lebih lama daripada beras biasanya. Ini membantu beras agar matang lebih sempurna, lebih pulen dan empuk. Untuk memasak beras basmati di rice cooker, kamu cukup memasak selama 15 - 20 menit.

Perbandingan Air dan Beras

Untuk beras basmati, gunakan air lebih banyak saat memasak. Jika kamu memasak 1 liter beras basmati, gunakan air sebanyak 1,6 liter.

Tambahkan Garam atau Kaldu

Untuk mendapatkan nasi basmati yang lebih gurih, tambahkan sedikit garam atau margarin saat memasaknya.

Mengenai memasak beras basmati, ini bisa dilakukan dengan bermacam-macam metode. Mulai dari memasak dengan panci terbuka, panci tertutup, metode kukus, menggunakan rice cooker, menggunakan microwave dan meggunakan oven. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading