Berawal dari Praktik Kuliah, Bumbu Masakan yang Khas Jadi Rahasia Sukses Hana Catering

Maretha Andriana02 Agu 2022, 16:39 WIB
Diperbarui 02 Agu 2022, 16:43 WIB
Berawal dari Praktik Kuliah, Rahasia Sukses Hana Catering Lewat Bumbu Masakan yang Khas

Fimela.com, Jakarta Ide untuk menjalankan bisnis kuliner memang nggak selamanya datang dari niat serius. Bahkan, usaha kecil-kecilan yang berawal dari praktik kuliah ternyata bisa jadi ide bisnis potensial di masa depan. Hal ini juga yang dialami oleh Maruko Miya, yang mendirikan Hana Catering di Malang.

Cerita unik hadir dari perjalanannya membangun usaha catering tersebut yang bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin memulai usaha. Simak cerita selengkapnya, yuk!

Berawal dari Jualan Rice Bowl untuk Tugas Mata Kuliah

Berawal dari Praktik Kuliah, Rahasia Sukses Hana Catering Lewat Bumbu Masakan yang Khas
(c) Hana Catering

Dalam sesi wawancara bersama tim ManisdanSedap.com, Maruko mengakui bahwa ide membangun Hana Catering hadir secara tidak disengaja di tahun 2017 lalu.

"Awalnya ketika saya mengikuti mata kuliah Kewirausahaan, saya membuat produk Rice Bowl Ayam. Ternyata banyak yang suka. Akhirnya setelah mata kuliah selesai, saya tetap lanjut berjualan rice bowl ke teman-teman kampus dan titip di koperasi untuk dijual. Sekitar tahun 2018, teman dari BEM melakukan pemesanan 250 kotak untuk acara seminar yang narasumbernya Merry Riana waktu itu. Senang dong. Itulah awal mula berdirinya catering ini," cerita Maruko.

Semua Menu Jadi Favorit Pelanggan

Berawal dari Praktik Kuliah, Rahasia Sukses Hana Catering Lewat Bumbu Masakan yang Khas
(c) Hana Catering

Hana Catering dipilih menjadi nama usaha yang dijalankan Maruko tersebut. Ia mengaku inspirasinya diambil dari nama sang ibu. Berbagai tantangan pun dihadapi Maruko selama menjalankan usaha catering ini.

"Tantangan yang dialami dalam mengembangkan usaha kuliner ini adalah banyaknya usaha catering di Malang yg lebih terkenal dari kami. Selain itu, lokasi catering kami tidak di pusat kota," ungkap Maruko.

Saat ditanya tentang menu yang paling jadi favorit, ia menyebutkan bahwa semua menu jadi andalan. "Semua menu kami jadi andalan karena semua jadi favorit. Tidak hanya 1-2 menu saja yang disukai customer," jelasnya.

Pemesanan nasi kotak sendiri dengan sistem pre order H-2 dengan minimal order 15 kotak. "Kalau mendekati hari raya Natal, Imlek, Idulfitri produk yg banyak di order adalah hampers," tambahnya.

Rahasia yang Membuat Usahanya Bertahan

Berawal dari Praktik Kuliah, Rahasia Sukses Hana Catering Lewat Bumbu Masakan yang Khas
(c) Hana Catering

Mampu bertahan selama 5 tahun, Maruko pun mengungkapkan salah satu rahasia sukses dari Hana Catering yang ia kelola terletak pada rasa. "Yang membedakan dengan catering lain menurut saya dari segi rasa. Kalau review dari customer, bumbu kami lebih medok dibandingkan catering lain. Nasi kuningnya juga nggak bikin seret," jelas Maruko.

Maruko pun terus berusaha mengembangkan Hana Catering serta memiliki harapan terhadap usaha ini ke depannya. "Harapan dan rencana ke depan untuk usaha kuliner ini, semoga bisa semakin dikenal warga Malang dan Jawa Timur. Semoga bsia buka kedai di masa depan juga," pungkasnya.

Harapan Maruko mengembangkan usaha cateringnya mendapatkan dukungan penuh dari ManisdanSedap.com. Platform ini merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com yang hadir untuk membantu para foodies untuk pre order makanan favorit mereka.

ManisdanSedap.com juga memberikan dukungan kepada para UMKM lokal. Platform tersebut berperan sebagai ‘etalase’ online yang memajang produk jualan mereka, sehingga meningkatkan promosi usaha. Selain itu, pemesanannya juga mudah karena terdapat fitur tombol pemesanan. Tinggal klik saja, nantinya kamu akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp sang penjual. Transaksi dilakukan di luar platform, jadi lebih praktis!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela