Sukses

Food

Tips Memasak Daging Ayam Petelur Agar Cepat Empuk

Fimela.com, Jakarta Memasak daging ayam potong mungkin bisa dibilang mudah karena daging ayam potong akan cepat matang dan empuk dengan waktu memasak yang singkat. Ini berbeda dengan memasak ayam kampung atau ayam petelur. Kedua daging ayam ini lebih alot bahkan keras sehingga membutuhkan waktu memasak lebih lama dan teknik memasak khusus. 

Untuk memasak daging ayam petelur yang alot dan keras, kali ini Fimela memiliki beberapa tipsnya agar lebih cepat empuk. Seperti apa tipsnya? Simak yang berikut ini.

Marinasi Daging Ayam

Sebelum direbus, ayam petelur sebaiknya dimarinasi bersama bumbu. Teknik marinasi ini akan membuat daging ayam petelur terasa lebih gurih dan lezat. Daging ayam juga lebih cepat empuk saat direbus. Marinasi daging ayam bersama garam dan air lemon secukupnya. Sahabat Fimela juga bisa memarinasi daging ayam dengan bumbu kuning kira-kira selama 1 - 2 jam sebelum daging direbus.

Manfaat Pepaya dan Nanas Muda

Kamu bisa memanfaatkan pepaya dan nanas muda untuk memasak daging ayam petelur agar cepat empuk. Saat merebus daging ayam, tambahkan potongan pepaya atau nanas muda ke dalamnya. Rebus daging ayam kira-kira selama 30 - 45 menit untuk dapatkan kematangan yang cukup. Ini juga bisa membuat daging ayam petelur lebih empuk dan juicy. 

Teknik 5 - 7 - 5

Teknik ini juga bisa digunakan untuk memasak daging ayam petelur yang terkenal alot dan keras. Caranya adalah rebus air secukupnya hingga mendidih kemudian masukkan daging ayam ke dalamnya. Rebus daging ayam di dalam air mendidih kurang lebih selama 5 menit dengan api sedang dan panci tertutup. 

Setelah 5 menit matikan kompor, diamkan daging ayam tetap di dalam panci dengan tetap tertutup selama 30 - 45 menit. Nyalakan lagi api kompor dan rebus lagi daging ayam selama 7 menit dengan panci tetap tertutup. Setelah 7 menit, matikan kompor dan diamkan selama 5 menit. Daging ayam yang telah direbus akan lebih empuk dan tidak alot.

Rebus Bersama Bumbu Rempah

Masak daging ayam bersama bumbu rempah agar daging ayam cepat empuk dan matang sempurna. Bumbu rempah dipercaya mampu membuat setiap masakan cepat empuk saat dimasak.

Gunakan Panci Presto

Memasak daging ayam petelur agar cepat empuk juga bisa menggunakan panci presto. Meski daging ayam petelur bisa lebih empuk, memasak dengan panci presto membutuhkan waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapatkan daging ayam petelur yang empuk dan tidak alot. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading