Diary Fimela: Prihatin akan Asupan Nutrisi Anak Jadi Celah Usaha Makanan Sehat Terpercaya

Fimela Reporter19 Agu 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 19:00 WIB
Menu Makanan Resep Roemah

Fimela.com, Jakarta Perihal makan anak tentu menjadi hal penting bagi orang tua. Namun, terkadang ada saja tantangannya jika itu tentang menu makan mereka. Mulai dari tidak mau makan atau mungkin orang tua yang memiliki pekerjaan yang terkadang membuat mereka sulit membagi waktu untuk masak dan menyajikan makanan untuk si kecil.

Terutama ketika pandemi, ketika kebutuhan nutrisi untuk menunjang kesehatan dan imun tubuh, beberapa orang tua tidak bisa menyajikan makanan sehat dan bernutrisi untuk anaknya karena isolasi mandiri. Berawal dari latar belakang ini, Steven Hadi Gunawan tergerak untuk membuat makanan sehat yang memenuhi asupan gizi anak dengan cepat dan mudah disajikan, yakni melalui Resep Roemah.

“Tujuan kita sih untuk mempermudah orang tua dalam membeli makanan kemudian diantar ke rumah serta memudahkan cara penyajiannya. Jadi, dimasak, disajikan, kemudian dibekukan oleh kami. Saat diterima tinggal direbus, kukus, atau digoreng. Jadi bisa segera langsung dimakan tanpa repot membeli bahan makanan yang butuh waktu lama lagi untuk memasak,” ujar Steven pemilik Resep Roemah.

Makanan sehat anak yang beragam, tanpa pewarna, pengawet dan MSG

Menu Makanan Resep Roemah
Menu makanan di Resep Roemah terdiri dari lauk pauk, camilan, dan bumbu instan. (Dok/Resep Roemah)

Resep Roemah hadir sebagai bentuk keprihatinan atas kebutuhan anak-anak untuk asupan makanan sehat dan bergizi lebih. Tidak hanya itu, juga memudahkan keluarga di rumah untuk menyediakan makanan sehat untuk  anak-anak.

“Anak-anak memiliki berbagai macam selera sehingga kebutuhan pun berbeda-beda, ada yang suka makanan kukus atau makanan goreng. Akhirnya Resep Roemah menghadirkan berbagai macam varian makanan, mulai dari lauk pauk, makanan berkuah, camilan hingga bumbu instan,” kata Steven.

Ada beberapa kategori menu makanan, yakni, easy meal berupa makanan berkuah dan lauk pauk, kategori snack , dan easy cooking berupa bumbu instan. Semua menu makanan ini dibuat natural, tidak ada campuran pengawet dan tanpa MSG, serta bahan yang digunakan adalah bahan makanan segar.

Tantangan dalam mengembangkan usaha

Memberi Anak Makan
Ilustrasi anak yang sedang makan. (Sumber foto: Pexels.com)

Basisnya makanan di Resep Roemah ini tanpa pengawet artinya makanan ini tidak tahan lama sehingga untuk beberapa kondisi tertentu terkendala dipengiriman. Steven mengatakan bahwa Resep Roemah paling banyak melayani pembelian pelanggan dari Jabodetabek dan di Surabaya yang telah buka diawal tahun lalu.

“Pembelinya terbatas dan kita menggunakan jasa kirim kurir instan atau send day. Jadi tidak maksimal kita melayani pembeli di kota luar pulau. Walaupun ada tapi mereka akhirnya harus menambah biaya pengiriman dan juga membeli sterofoam untuk keamanan makanan dalam pengiriman,” kata Steven.

Selain itu, setiap harinya tim Steven akan berhadapan dengan banyak pertanyaan dari calon pelanggan. Mulai dari kandungan makanan, pengiriman, dan banyak lagi. Solusi yang jadi jalan tengah dari hal ini yaitu harus memasang foto makanan yang jelas dan deskripsi lengkap.

“Deskripsi ini termasuk, informasi makanan kandungannya, cara penyajiannya, pengingat alerginya, tanggal kadaluwarsa, hingga peringatan pemilihan kemasan sterofoam dan jenis pengiriman. Sehingga kualitas makanan tetap terjamin,” tutur Steven.

Hadirkan menu yang sesuai dengan kebutuhan anak

Anak Makan Siang
Ilustrasi anak-anak makan siang. (Sumber foto: Pexels.com)

Menu makanan yang di Resep Roemah dibuat berdasarkan kebutuhan anak dan ditujukan untuk anak di rentang usia 1 hingga 10 tahun. Idealnya anak-anak direntang usia tersebut memiliki selera makan yang besar, mulai dari 3 hingga 4 kali sehari. Mulai dari sarapan, istirahat sekolah, makan siang, makan malam, dan selingan camilan.

“Dari hal itu kami menyediakan seluruh makanan itu dengan kandungan yang penting. Pasti ada karbohidratnya, protein, serat, lemak pentingnya terkandung dalam makanan tersebut. Semua makanan yang kami sediakan dari bahan yang segar dan halal, tanpa MSG, pewarna, tanpa pengawet,” ujar Steven.

Makanan anak dari Resep Roemah adalah makanan sehat sehingga kandungan-kandungan seperti pengawet, MSG, atau pewarna selalu dihindari penggunaannya, sehingga benar-benar menyehatkan. Gurih kuahnya dari kaldu, dagingnya dari daging asli; ayamnya pun dari ayam kampung yang dibeli dari supplier yang bersertifikat halal. Selain itu juga dikemas menarik sehingga menimbulkan minat makannya.

Pendampingan ahli gizi dalam pemenuhan gizi dalam makanan

Resep Roemah
Resep Roemah dalam setiap menunya, dikonsultasikan ke ahli gizi untuk memastikan kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak-anak.(Dok/Resep Roemah)

Resep Roemah dalam setiap menunya, dikonsultasikan ke ahli gizi untuk memastikan kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak-anak. Selain itu, Resep Roemah juga menguji kelayakan menu makannya pada satu lembaga survei Saraswati Indo Genetech (SIG).

Steven mengungkapkan, dalam rangka pengurusan BPOM, setiap menu harus diuji untuk memperoleh sertifikat. Sejauh ini telah tersedia sekitar 80 menu termasuk menu famili yang juga dikembangkan di Resep Roemah untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat anak dan keluarga.

Jadi penyedia makanan sehat anak terpercaya

Resep Roemah
Menu makanan berkuah dari Resep Roemah. (Dok/Resep Roemah)

Steven menjelaskan bahwa loyalitas pelanggan sangat tinggi. Resep Roemah mencatat selama termin pertama di 2022 terjadi kenaikan pembelian di Tokopedia hampir 3 kali lipat dibanding termin dua tahun 2021.

“Sejauh ini yang berkontribusi besar pada penjualan kami ya dari marketplace. 60 persen kontribusi kita datang dari penjualan di Tokopedia,” ujar Steven. Steven mengungkapkan caranya dalam menjaga loyalitas ini melalui penyediaan menu yang beragam sehingga anak-anak tidak bosan.

 

*Penulis: Tasya Fadila.

Lanjutkan Membaca ↓