Diary Fimela: Kisah Kerja Keras Kakak Beradik Bangun Bisnis Minuman Korean Cheese Milk

Fimela Reporter01 Sep 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 01 Sep 2022, 13:30 WIB
Gogoma.id Blueberry

Fimela.com, Jakarta Hal-hal yang berhubungan dengan Korea saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari tren pakaian hingga makanan dan minuman. Terlebih saat pandemi mulai menyerang, orang-orang yang merasa bosan di rumah pun turut meramaikan tren Korea ini. Melihat tingginya minat masyarakat terhadap produk berbau Korea, mendorong dua kakak beradik, Syifa dan Adli, untuk membuka bisnis minuman ala Korea Cheese Milk milikinya sendiri yang diberi nama Gogoma.id.

Bisnis berjualan minuman Korean cheese milk ini sudah dilakukan sejak tahun 2020. Sang kakak, Syifa yang menjadi pemodal dan Adiknya, Adli beserta sang Ibu yang bertugas untuk memproduksi minumannya. Bisnis minuman ini mereka lakoni sebagai upaya untuk mewujudkan keinginan sang Ibunda yang ingin memiliki usaha sendiri. Nama Gogoma sendiri berasal dari kalimat "Go! Go! Mama" yang berarti (ayo mama!).

 

Alasan Memilih Minuman Berkonsep Korea

Gogoma.id Starwberry
Korean Cheese Milk Gogoma.id (Instagram/Gogoma.id).

Minuman Korean cheese milk yang dibangun oleh Syifa dan Adli awalnya terinspirasi dari hype dan minat masyarakat terhadap hal-hal yang berbau Korea. Demi mengikuti tren yang sedang digandrungi, Korean cheese milk pun menjadi pilihan produk yang ingin dikembangkan oleh Syifa dan Adli. Awalnya, Adli terinspirasi dari resep-resep yang ada di youtube dan bereksperimen dengan bahan-bahan pilihannya sendiri.

"Untuk resep awalnya kita liat referensi dari youtube, tapi kita ganti ke merk dan bahan-bahan yang lebih berkualitas. Memang harganya jadi lebih mahal, tapi justru itu yang jadi pembeda antara produk gogoma.id dengan produk lainnya karena rasanya lebih enak dan berkualitas,"

Namun, seiring berjalannya waktu, Adli pun sadar bahwa hype untuk minuman Korea yang diminati di Indonesia akan perlahan menurun. Maka dari itu, Gogoma.id pun berusaha untuk terus memunculkan inovasi produk baru yang "sustainable" dan juga bisa berdampak positif bagi masyarakat. 

Hal ini sudah dilakukan oleh Adli, yaitu dengan membawa Gogoma.id ke kegiatan pengabdian masyarakat bersama dosennya pada tahun 2021. Adli mengatakan, "Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah kreativitas warga Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor untuk membuat susu menjadi cheese milk shake."

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan oleh Adli sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam mensukseskan program Pendidikan Multiliterasi. Langkah ini juga menjadi branding dari produk Gogoma.id yang diharapkan akan memberikan impact positif ke masyarakat.

Perjalanan Bisnis Gogoma.id

Gogoma.id Tiramisu
Korean Cheese Milk Gogoma.id (Instagram/Gogoma.id).

Memulai dari tahun 2020, Syifa dan Adli sudah menghadapi berbagai tantangan dalam usahanya untuk membangun Gogoma.id. Salah satu tantangan yang pernah dihadapi yaitu melakukan kerja ekstra karena Gogoma.id merupakan bisnis yang berbasis di rumah dan diproduksi  sendiri, jadi ketika ada banyak pesanan Adli dan sang Ibu pun harus menyumbangkan tenaga ekstranya demi memenuhi permintaan konsumen.

Lika-liku lain yang dihadapi dalam perjalanan membangun bisnis Gogoma.id adalah pengikut yang tidak diinginkan. Adli bercerita bahwa ada salah satu temannya yang meniru produk jualan yang ditawarkan oleh Gogoma.id, mulai dari konsep hingga packaging-nya memiliki banyak kesamaan. Meskipun begitu, Adli tidak terlalu ambil pusing. Ia mengatakan bahwa, "Kita yakin kalau rezeki gak akan kemana, jadi tetep keep going."

Tantangan lainnya juga terdapat pada packaging produk Gogoma.id. Adli sempat salah membeli kemasan yang menyebabkan kerugian karena produknya menjadi tidak tahan lama. Selain itu, Adli juga harus memutar otak untuk menemukan kemasan yang tepat agar produk tetap aman dan fresh jika dikirim ke jarak yang jauh. Meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi, Gogoma.id pun perlahan bangkit dan terus berusaha untuk memberikan pelayanan dan produk terbaiknya.

Keuntungan dan Rencana Inovasi Gogoma.id

Gogoma.id Green Tea
Korean Cheese Milk Gogoma.id (Instagram/Gogoma.id).

Keuntungan yang dihasilkan dari Gogoma.id terbilang tidak menentu, namun bisa mencapai 5 persen tiap bulannya. Adli mengungkapkan," Yang namanya usaha pasti naik turun ya, kadang ada di posisi di bawah banget dan kadang suka ada di posisi atas. Peningkatan keuntungan tiap bulan kita gak terlalu banyak, tetapi terus berprogres, rata-rata peningkatan tiap bulanya itu 5 persen."

Sambil mengembangkan bisnisnya, Adli juga berencana untuk menghadirkan inovasi seperti varian rasa baru untuk produk Korean cheese milk miliknya. Selain itu, Adli juga berencana untuk memasukkan makanan berkonsep korea ke dalam menu Gogoma.id. Mengikuti prinsipnya yaitu ingin menciptakan produk yang berdampak positif bagi masyarakat, Adli juga berencana untuk beralih menggunakan kemasan produk yang lebih eco friendly.

Gogoma.id saat ini memiliki 5 varian rasa yaitu Blueberry, Strawberry, Chocolate, Tiramisu, dan Green Tea. Berbasis di Bogor, kini Gogoma.id sudah bisa dipesan dan dikirim ke Jabodetabek dan Bandung via paxel. Oleh karena itu, bagi sahabat Fimela yang ingin mencoba minuman Korean cheese milk yang berkualitas dan enak dari Gogoma.id, bisa langsung cek Instagram (@gogoma.id).

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela