Diary Fimela: Cerita Bisnis Oatelier, Overnight Oats untuk Sarapan Praktis dan Sehat

Fimela Reporter24 Sep 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 16:00 WIB
Oatelier

Fimela.com, Jakarta Sarapan pagi merupakan rutinitas sehari-hari yang sebaiknya tidak pernah dilewatkan karena memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih bertenaga untuk menjalankan aktivitas kedepannya. Makanan sehat seperti oatmeal pun kerap menjadi pilihan menu untuk sarapan. Namun, terkadang kesibukan dapat menjadi penghalang seseorang untuk sarapan di pagi hari, begitu pula yang dirasakan oleh Gladys, pendiri bisnis Oatelier.

Berawal dari pengalamannya yang kerap tidak sempat untuk sarapan karena kesibukannya, membuat Gladys berinisiatif untuk menciptakan makanan praktis dan enak yang dapat langsung dimakan untuk sarapan.

"Aku mulai Oatelier ini dari keinginan untuk bisa sarapan cepet, gak ribet harus bikin dulu, tapi tetep enak dan sehat. Karena aku orangnya susah bangun pagi dan kalau harus bikin sarapan dulu pastinya udah keburu males dan ujung-ujungnya jadi skip sarapan. Jadi aku cari-cari apa sih yang bisa dibikin dulu sebelumnya tapi tetep enak dimakan untuk hari besok nya," ujar Gladys

Memulai bisnisnya dari November 2019, Gladys mengalami cukup banyak trial error sebelum akhirnya menemukan resep yang pas untuk produk Oatelier nya. Terinspirasi dari brand overnight oats luar negeri, youtube, dan google, Gladys pun mencoba untuk membuat produk overnight oats dengan modifikasi resepnya sendiri dan hasilnya pun memuaskan karena disukai oleh keluarga dan teman-temannya. Hal inilah yang membuatnya memutuskan untuk menjual produk overnight oats nya di online marketplace Indonesia.

Varian Rasa dan Keunggulan Oatelier

Oatelier
Simak cerita bisnis Oatelier, produk overnight oats yang dapat memudahkan sarapan pagimu. (instagram/oatelier.id)

Oatelier hadir dalam 10 varian rasa yang terdiri dari Coco Matcha, Hazelnut Latte, Borahae, Hale Berry, Chocoloco, Cereal Milk, Cookie Dough, Boba Milk Tea, Ispahan, dan rasa terbarunya yakni Mango Lemon Sorbet. Dengan banyak varian rasa yang tersedia, konsumer pun tidak akan dibuat bosan karena dapat menikmati rasa overnight oats yang berbeda tiap harinya.

Selain overnight oats, Oatelier juga menawarkan granola yakni oatmeal panggang renyah dengan campuran biji-bijian, cereal, dan buah kering yang dapat dinikmati bersamaan dengan overnight oats sebagai penambah tekstur. Saat ini, Gladys juga tengah bereksperimen untuk menemukan varian rasa baru bagi overinight oats nya agar lebih bervariasi dan pelanggan pun menjadi tidak bosan.

Oatelier tentunya berbeda dengan produk oatmeal yang ada dipasaran. Oatmeal pada umumnya perlu dimasak dengan air panas sampai teksturnya menyerupai bubur untuk bisa dimakan. Sedangkan Oatelier hanya perlu direndam susu lalu didiamkan semalaman di dalam kulkas dan paginya pun sudah bisa dimakan untuk sarapan. Tekstur pada overnight oats milik Oatelier ini lembut dan chewy, tidak seperti bubur sehingga tidak menimbulkan rasa enek ketika dimakan.

Selain rasanya yang enak, produk Oatelier juga kaya akan kandungan nutrisi dan rendah kalori yang menjadikannya makanan sehat dan praktis yang cocok untuk sarapan, makanan setelah olahraga, snack, atau pengganti makan malam.

Tantangan Bisnis Oatelier

Oatelier
Simak cerita bisnis Oatelier, produk overnight oats yang dapat memudahkan sarapan pagimu. (instagram/oatelier.id)

Salah satu tantangan besar dalam menjalankan bisnis Oatelier ini adalah keawaman masyarakat terhadap overnight oats karena makanan ini lebih dikenal di luar negeri dibanding Indonesia. Hal ini menjadi pekerjaan tambahan untuk Gladys karena harus menjelaskan lagi mengenai overnight oats serta cara penyajian dan keamanannya kepada para konsumennya.

Meskipun begitu, bisnis ini sudah meraup untung sebesar 50 persen sejak awal didirikan. Berbasis di Tangerang, Oatelier saat ini sudah bisa dipesan melalui marketplace online yang tersedia di Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia, serta dapat dikirim ke Jakarta dan Tangerang melalui aplikasi Gojek/Grab, dan paxel untuk pengiriman ke Jabodetabek.

Oatelier pun akan terus berkembang sesuai dengan visi misinya yaitu untuk menyediakan sarapan cepat, sehat, dan enak yang dapat dikonsumsi oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk sahabat Fimela yang tertarik dan ingin mencoba overnight oats dari Oatelier, dapat langsung cek instagram (@oatelier.id).

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela