Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Tips Membersihkan Teflon dengan Praktis

angela marici03 Okt 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 14:00 WIB
Teflon/mlg

Fimela.com, Jakarta Telfon atau wajan anti lengket merupakan salah satu peralatan memasak yang wajib dimiliki. Dilansir dari bhg.com telfon merupakan peralatan masak yang dilapisi oleh keramik atau bahan yang disebut dengan polytetrafluoroethylene agar permukaan teflon dapat licin dan tidak lengket terhadap makanan yang dimasak.

Berbeda dengan wajan lain yang mudah untuk dibersihkan, teflon justru harus dibersihkan secara khusus agar permukaannya tidak tergores, terkelupas, dan rusak. Dikutip dari coockinglight.com seorang manajer merek senior dari Meredith Test Kitchen di Des Moines, Colleen Weeden mengungkapkan bahwa wajan anti lengket dikenal sebagai wajan yang tidak tahan lama karena cara sering kali dirawat dengan cara yang salah.

Oleh karena itu, Fimela telah merangkum 5 tips yang bisa dicoba agar teflon dapat bertahan lebih lama.

1. Hindari pencucian menggunakan dishwater atau mesin cuci piring

Tips pertama yang bisa diterapkan agar teflon bertahan lama adalah dengan tidak mencucinya menggunakan dishwater atau mesin cuci piring. Terkadang memang kebanyakan orang malas untuk mencuci piring menggunakan tangan karena takut telapak tangan menjadi kasar.

Namun, untuk membersihkan teflon atau wajan anti lengket sangat disarankan untuk dicuci menggunakan tangan. Jika tetap dipaksa menggunakan dishwater akan merusak lapisan anti lengket pada wajan akibat suhu panas dan deterjen.

2. Bersihkan dengan sabun dan air hangat

Teflon
Ilustrasi teflon yang kotor. Copyright: shutterstock/Elena Zajchikova

Cara terbaik untuk membersihkan teflon adalah dengan segera mencucinya dengan menggunakan sabun dan air hangat untuk menghilangkan kotoran sisa masakan. Sahabat Fimela dapat mencuci seluruh bagian dalam dan luar panci, kemudian dikeringkan menggunakan kain mikrofiber.

“Jika Anda segera membersihkan panci, sebagian besar kotoran akan langsung terbilas,” kata Leslie Reichert, pelatih kebersihan dan penulis The Joy of Green Cleaning.

Kualitas teflon yang anti lengket dapat mencegah kotoran sisa makanan menempel, sehingga teflon harus langsung dicuci sehabis digunakan. Semakin lama teflon didiamkan, semakin mudah kotoran sisa makanan menempel hingga menimbulkan kerak.

3. Jangan menggosok teflon menggunakan sabut kawat

Untuk membersihkan teflon anti lengket, sahabat Fimela dilarang untuk menggunakan sabut kawat karena dapat merusak permukaan teflon dan membuatnya tergores. Sebagai gantinya, sahabat Fimela dapat menggunakan spons lembut dengan sabun dan air hangat untuk membersihkan permukaan teflon agar tidak tergores dan tahan lama.

4. Gunakan soda kue

Setiap kali masak, sering kali ada kotoran sisa masakan yang sulit untuk dibersihkan, untuk mengatasi hal tersebut sahabat Fimela dapat membersihkan menggunakan soda kue. 

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh soda kue dengan satu atau dua sendok teh air hingga membentuk pasta. Kemudian, gosokkan pada permukaan teflon menggunakan spons yang lembut untuk menghilangkan kotoran sisa masakan yang membandel.

 

 

5. Bersihkan menggunakan minyak

ilustrasi minyan goreng
Ilustrasi memberishkan teflon menggunakan minyak. Copyright shutterstock.com/Africa Studio

Tips terakhir yang bisa dicoba oleh sahabat Fimela adalah dengan mengolesi permukaan teflon menggunakan minyak sesudah digunakan. Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan noda membandel pada teflon. Setelah diolesin menggunakan minyak, keringkanlah teflon menggunakan kain bersih atau tisu.

 

Kebiasaan yang dapat merusak teflon

teflon
ilustrasi teflon/ Photo by freestocks.org on Unsplash

Teflon merupakan wajan anti lengket yang mudah rusak, selain karena perawatannya yang khusus kebiasaan dari penggunaannya juga dapat membuat teflon tidak tahan lama. Inilah beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak teflon.

  1. Menggunakan peralatan masak yang salahSifat teflon yang mudah rusak membuatnya butuh perawatan yang ekstra, oleh karena itu saat menggunakan teflon sahabat Fimela perlu memerhatikan peralatan masak yang digunakan. 
  2. Masak menggunakan teflon tidak boleh menggunakan iniHindari spatula atau sendok berbahan dasar stainless karena dapat merusak permukaan teflon. Sebagai gantinya dapat menggunakan sendok kayu atau spatula yang terbuat dari silikon.
  3. Mencuci teflon saat masih panasKebiasaan mencuci teflon saat masih panas dapat membuatnya cepat rusak serta membuat lapisan anti lengketnya terkelupas. Untuk mencuci teflon sahabat Fimela dapat mendinginkannya terlebih dahulu kemudian dicuci menggunakan air dan sabun.
  4. Menggunakan api besarTeflon merupakan peralatan masak yang tidak dirancang untuk api besar. Ketika teflon digunakan pada api yang besar dapat membuat lapisan anti lengketnya menjadi rusak. Hal ini tentu  mempersingkat masa pakai teflon, tak hanya itu kebiasan masak menggunakan api besar dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.
  5. Menggunakan semprotan minyakMasak di teflon menggunakan semprot minyak juga dapat membuat permukaan wajan anti lengket ini menjadi cepat rusak. Para ahli juga menyarankan pengguna teflo untuk menghindari semprotan minyak karena dapat membuat kotoran sisa masakan menempel pada teflon.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela