Sukses

Food

Menu Makan Ratu Elizabeth II yang Membuatnya Umur Panjang hingga 96 Tahun

Fimela.com, Jakarta Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia ke 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Ia tercatat sebagai pemimpin yang memangku takhta terlama, yakni selama 70 tahun.

Dengan usianya tersebut, Ratu Elizabeth II masih terlihat prima saat mendatangi sejumlah acara. Salah satunya menghadiri pembukaan jalur kereta, tiga bulan sebelum ia meninggal dunia.

Stamina dan kecekatan ratu pun menjadi perbincangan. Tak sedikit yang penasaran dengan resep panjang umur Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II disebut memiliki kebiasaan untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Selain olahraga, ia juga memiliki pola makan yang sehat.

Lantas, apa saja menu makan Ratu Elizabeth II yang membuatnya umur panjang? Dilansir Tatler, Yuk simak berikut ini selengkapnya, Sahabat Fimela!

 

1. Sebelum sarapan

Sebelum menyantap menu sarapan di pagi hari, Ratu Elizabeth memulai hari dengan menyeruput secangkir teh panas sambil menyantap biskuit.

Biasanya, ia minum teh jenis earl grey dengan tambahan susu dan tanpa gula. Teh earl grey merupakan varian teh dari daun teh hitam yang dicampur dengan minyak esensial bergamot. Sementara biskuit yang disukai sang Ratu adalah semacam cookies atau crackers.

2. Sarapan pagi

Setelah menyeruput teh dan menyantap biskuit, Ratu Elizabeth II mandi dan berganti pakaian. Setelah itu, barulah sarapan sesungguhnya dimulai.

Ratu Elizabeth II jarang mengonsumsi telur sebagai sarapan. Ia biasanya akan menyantap sereal. Namun terkadang, ia juga suka makan roti panggang dengan marmalade (sejenis selai yang dibuat dar jeruk).

3. Makan siang

Makan siang Ratu Elizabeth II terbilang sederhana. Ibu Pangeran Charles yang kini jadi Raja ini hanya menginginkan makan siang yang terdiri dari sumber protein tinggi dan karbohidrat rendah.

Chef pribadinya, McGrady mengungkapkan kepada The Telegraph bahwa sang Ratu menyukai menu ikan dover sole panggang atau ikan salmon Skotlandia yang dihidangkan bersama bayam dan zucchini. Selain itu, dia juga dikenal menyukai menu salad yang simple dengan tambahan ayam panggang di atasnya.

4. Teh Sore

Dalam kesehariannya, sang Ratu juga kerap minum teh sore atau sering disebut ‘afternoon tea’. Kegiatan ini rutin ia lakukan setiap hari.

Berbeda dengan pagi hari, untuk sorenya Ratu Elizabeth lebih memilih menu makanan  sandwich mentimun, kue buah, dan teh earl grey. 

5. Makan malam

McGraddy mengatakan, sang Ratu tidak mengonsumsi makanan bertepung. Ini adalah aturan yang diberlakukan saat ia makan sendiri.

“Dia sangat disiplin. Tidak ada tepung adalah peraturannya,” ucap chef pribadi Ratu Elizabeth II itu.

Untuk itu, menu makan malam yang sering disantap oleh sang Ratu terdiri dari ikan panggang ataupun ikan yang dimasak dengan metode poaching di dalam susu panas atau biasa disebut poached fish, dilengkapi dengan salad atau aturan sayuran lainnya.

6. Makanan penutup

Sesekali Ratu suka memasukkan dessert dalam menu makannya. Namun tentu saja menu dessert tersebut juga tetap sehat.

Biasanya, ia menyantap buah segar yang dipetik dari kebun miliknya seperti stroberi dan buah persik. Sebagai pecinta coklat, terkadang ia juga menikmati coklat. Namun, ia lebih memilih dark chocolate bar yang memiliki rasa pekat karena kandungan kakao-nya yang tinggi.

Selain tepung, Ratu juga memiliki aturan sendiri mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi di anggota keluarga kerajaan.  Makanan tersebut adalah bawang putih.

Dilansir Mashed, alasan keluarga kerajaan menghindari konsumsi bawang adalah karena mereka selalu bertemu dan berbicara dengan orang-orang, dan ingin memastikan napas mereka tidak berbau busuk.

Istri Raja Charles III, Camilla Parker Bowles muncul di MasterChef Australia dan ditanya langsung apa yang tidak boleh mereka makan.

 "Aku benci mengatakan ini, tapi bawang putih. Bawang putih tidak boleh,” katanya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading