Sukses

Food

Bagaimana Cara Membuat Pempek Tidak Keras? Simak di Sini

Fimela.com, Jakarta Pempek atau biasa juga disebut dengan empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir semua daerah di Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu juga memproduksinya.

Pempek dapat ditemukan dengan mudah di Kota Palembang, beberapa daerah Sumatra Selatan hingga provinsi Bengkulu; ada yang menjualnya di restoran, ada yang di pinggir jalan, dan pula yang dipikul. Pada tahun 1880-an, penjual biasa memikul satu keranjang penuh pempek sambil berjalan kaki berkeliling menjajakan dagangannya.

Pempek sendiri punya beberapa jenis. Salah satu jenis pempek yang paling populer adalah pempek kapal selam. Ada juga jenis pempek lainnya seperti pempek lenjer, pempek dos, pempek belah, dan lain-lain.

Cara membuat pempek sebenarnya mudah, namun tidak jarang hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi. Salah satunya seperti hasil pempek yang dibuat keras, tidak lembut seperti yang diharapkan.

Nah ternyata ada beberapa cara yang dilakukan agar pempek yang dibuat bisa lembut. Berikut cara membuat pempek agar tidak keras.

Bagaimana Cara Membuat Pempek Tidak Keras?

1. Gunakan ikan yang dagingnya lengket 

Masyarakat Palembang umumnya menggunakan ikan belida untuk membuat pempek. Jika tak ada, ikan belida kerap diganti dengan ikan gabus. Namun sebenarnya kamu boleh menggunakan jenis ikan apapun asalkan tekstur dagingnya lengket. Pilihlah ikan yang segar dan haluskan dalam kondisi dingin.

2. Uleni dengan benar 

Cara membuat pempek agar tidak keras sebetulnya cukup mudah. Trik termudah yakni dengan menambahkan tepung terigu pada adonan. Gunakan pula tepung sagu berkualitas agar pempek berwarna putih cerah. 

Untuk proses pengulenannya sendiri, boleh dilakukan selama mungkin, selama tepung sagu belum ditambahkan. Setelah tepung sagu dimasukkan, proses pengulenan harus dihentikan. Untuk mencampurnya, cukup gunakan pengaduk saja.

3. Rebus di air mendidih yang diberi minyak  

Pempek harus direbus di air mendidih terlebih dulu agar tidak lengket. Namun, jangan gunakan api besar karena dapat membuat pempek mengembang lalu mengempis setelah didinginkan. Cukup rebus di air mendidih dengan api kecil saja. Selain itu, beri sedikit minyak dan garam pada airnya, agar pempek tidak saling menempel.  

4. Goreng pempek

Selain bahan dan proses pengulenan adonan, minyak untuk menggoreng pempek pun harus diperhatikan. Goreng pempek di minyak yang panas agar tidak lengket di wajan. Untuk antisipasi, gunakanlah wajan anti lengket yang cekung.  Namun, pempek tak boleh digoreng terlalu lama agar tidak pecah dan meletus. 

Resep Pempek Lenjer

Bahan:

  • 250 gr ikan daging tengiri
  • 200 gr tepung sagu
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air es
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Secukupnya air untuk merebus
  • 3 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Masukkan dlm chopper, ikan, bawang putih dan air es, kaldu bubuk dan garam. Haluskan.
  2. Tambahkan tepung sagu, aduk rata menggunakan spatula.
  3. Bentuk adonan seperti tabung. Tabur tepung sagu supaya tidak lengket.
  4. Didihkan air dan minyak.
  5. Masukkan adonan pempek lenjer. Masak sampai mengapung.
  6. Goreng bila ingin dinikmati. Sajikan dengan cuko.

Itulah penjelasan mengenai pempek dan resep pempek lenjer yang enak dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading