Sukses

Food

Ini Perbedaan Bawang Prei dan Daun Bawang, Jangan Sampai Tertukar

Fimela.com, Jakarta Ketika masak, tentunya kamu butuh bumbu-bumbu untuk memperkuat cita rasa masakan. Di Indonesia sendiri sangat familiar dan populer memasak menggunakan bumbu rempah-rempah. Tidak hanya bumbu rempah, tidak jarang juga digunakan sayuran untuk memperkuat cita rasa masakan.

Salah satu sayuran yang digunakan adalah bawang prei. Biasanya bawang prei dimasak dengan cara ditumis agar aroma harumnya keluar dan memperkuat aroma masakan yang sedang dibuat. Bisa dikatakan bawang peri digunakan sebagai pewangi dan penyedap makanan.

Namun bentuk dari bawang prei ini mirip sekali dengan daun bawang. Banyak yang sering tertukar dan mengira bawang prei dan daun bawang adalah sayuran yang sama. Namun sebenarnya keduanya sama sekali berbeda.

Bawang prei dan daun bawang memiliki banyak perbedaan. Bahkan kegunaannya dalam masakan pun berbeda, meskipun sama-sama berfungsi sebagai pewangi dan penyedap makanan. Yuk simak beberapa perbedaan bawang prei dan daun bawang berikut ini agar kamu tidak salah lagi dalam memasak.

Perbedaan Bawang Prei dan Daun Bawang

1. Nama

Bawang prei dan daun bawang ternyata berasal dari satu keluarga tumbuhan yang sama. Namun keduanya memiliki nama latin yang berbeda. Bawang prei dikenal juga dengan allium ampeloprasum, sementara daun bawang memiliki nama allium fistulosum.

2. Ukuran

Dari segi ukuran keduanya juga memiliki perbedaan. Bawang prei memiliki ukuran yang lebih besar dibanding daun bawang. Oleh karena itu, jika kamu sedang berbelanja di supermarket atau di pasar tradisional, kamu bisa langsung membedakannya karena ukuran dari keduanya terlihat jelas.

3. Rasa

Nah ternyata rasa keduanya pun berbeda. Bawang prei sendiri memiliki rasa yang cenderung manis seperti bawang bombay. Daun bawang juga memiliki rasa manis namun hanya ada pada batangnya saja, pada bagian daun rasanya lebih segar. Ketika memakan keduanya kamu pasti bisa membedakannya karena bawang prei punya rasa yang lebih manis dibandingkan daun bawang.

Perbedaan Bawang Prei dan Daun Bawang

4. Aroma

Dari segi aroma juga berbeda. Daun bawang punya aroma yang lebih kuat dan menyengat dibandingkan bawang prei. Nah jika kamu ingin memasak sesuatu yang beraroma kuat, kamu bisa menambahkan daun bawang dalam masakanmu. Jangan sampai keliru dengan bawang prei ya!

5. Kegunaan dalam Masakan

Bawang prei biasa digunakan untuk membuat kaldu, dicampur pada salad, atau sebagai garnish. Sementara daun bawang kerap dicampurkan pada gorengan, martabak, dan tumisan. Tetapi banyak juga yang menggunakan daun bawang sebagai garnish, seperti pada soto.

Itulah 5 perbedaan daun bawang dan bawang prei. Meskipun secara sekilas mirip, namun sebenarnya keduanya memiliki banyak perbedaan, apalagi soal rasa dan kegunaannya di dalam masakan. Nah karena sekarang kamu sudah mengetahuinya, jangan sampai kamu salah membeli ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading