Sukses

Food

5 Tips Memilih Sayuran yang Sehat dan Segar untuk Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Sayuran menjadi salah satu bahan makanan yang penting untuk selalu ada di daftar menu harian kita. Sayuran mengandung berbagai nutrisi yang tak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan psikis. Meski sayuran adalah salah satu makanan yang menyehatkan, penting bagi kita untuk memilih sayuran yang benar-benar menyehatkan. Memilih sayuran yang tidak benar justru bisa berisiko buruk buat kesehatan kita apalagi kesehatan anak-anak. 

Untuk memilih sayuran yang sehat, kira-kira bagaimana caranya? Berikut tips memilih sayuran yang sehat sehingga baik untuk kita konsumsi sehari-hari.

Pilih Sayur yang Masih Segar

Tips pertama adalah pilih sayuran yang masih segar. Biasanya sayur yang masih segar akan terlihat dari daunnya yang segar atau tidak layu. Sayuran yang segar juga memiliki aroma sayur yang khas. Akan sangat terlihat jelas bagaimana sayur yang masih segar dengan sayur yang sudah layu atau rusak.

Pilih Sayur yang Terbebas dari Pestisida

Meski sayuran terlihat sangat segar dan baik, belum tentu sayur itu baik. Beberapa sayur mengandung pestisida yang tinggi sehingga tampak sangat menggiurkan. Hindari memilih sayuran dengan kandungan pestisida terlalu tinggi. Sayur yang tidak mengandung pestisida terlalu tinggi tandanya adalah ada beberapa bagian sayur yang dimakan ulat atau belalang. Sayuran dengan kandungan pestisida tinggi juga rentan berbau menyengat atau berbau pestisida.

Pilih Sayur yang Masih Muda

Sayuran yang sehat adalah sayur yang masih muda. Tanda sayur masih muda adalah memiliki warna hijau segar dan teksturnya cukup lemas. Sayuran yang masih muda selain enak dan menyehatkan, ini juga memiliki tekstur yang nyaman di mulut.

Sayuran Tidak Keriput

Pilih sayuran yang tidak keriput dan berwarna kuning atau berwarna selain warna asli sayuran. Sayuran yang keriput bisa saja mengalami penyakit saat ditanam. Sayur yang sudah keriput juga bisa jadi bahwa sayuran tersebut sudah terlalu tua, layu atau tidak segar lagi.

Ambil Sayur dan Petani Langsung

Beli sayuran dari petani langsung. Dengan membeli sayuran langsung dari petani, ini akan membantumu memilih sayur yang masih segar, sehat dan berkualitas. Demi mendapat kesehatan sayur yang lebih maksimal, kamu juga bisa menanam sayur sendiri di rumah dan memetiknya saat sudah waktunya. 

Itulah beberapa tips mudah memilih sayuran yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading