Sukses

Food

Apa Bedanya Margarin dan Mentega? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Dalam memasak tentunya harus menggunakan bahan-bahan yang sesuai dan berkualitas tinggi. Hal ini dikarenakan nantinya bahan-bahan ini bisa mempengaruhi rasa dari makanan yang dibuat. Tentunya kamu tidak mau kan jika hasil masakanmu rasanya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bahan masakan yang sesuai dan berkualitas.

Nah sayangnya ada beberapa bahan masakan yang mirip. Bahkan dari penampilannya pun mirip, sehingga cukup sulit untuk membedakannya. Tidak jarang juga banyak yang tertukar dan menggunakan bahan yang keliru. Alhasil hasil masakan yang dibuat jadi tidak seenak yang diperkirakan.

Salah satu bahan masakan yang mirip adalah mentega dan margarin. Secara penampilan memang cukup mirip. Jadi wajar saja jika banyak yang keliru atau kesulitan membedakan keduanya. Bahkan tidak sedikit juga yang menganggap kalau dua hal ini adalah hal yang sama, padahal keduanya sangat berlainan.

Lalu apa bedanya margarin dan mentega? Apakah kedua hal ini benar-benar berbeda atau sebenarnya sama saja? Yuk simak penjelasan mengenai apa bedanya margarin dan mentega berikut ini.

Apa Bedanya Margarin dan Mentega?

1. Bahan Baku

Margarin umumnya diolah dari lemak nabati, paling umum digunakan adalah ekstrak minyak sawit. Walaupun begitu, margarin juga bisa diolah dari minyak biji rapa, minyak biji bunga matahari, minyak kanola, dan minyak alpukat.

Sementara itu, butter atau mentega menggunakan lemak hewani sebagai bahan dasar. Biasanya terbuat dari susu sapi, kambing, domba, atau kerbau.

2. Aroma

Tidak hanya bahan bakunya saja, namun aromanya ternyata juga berbeda. Kamu bisa membedakan margarin dan mentega dengan mencium aromanya. Mentega memiliki aroma yang lebih berlemak daripada margarin.

3. Kecepatan Meleleh

Kecepatan meleleh keduanya ternyata juga berbeda. Jika diletakkan di suhu ruang, margarin lebih lambat meleleh jika dibandingkan mentega. Sehingga bisa disimpulkan kalau margarin lebih mudah disimpan daripada mentega.

Apa Bedanya Margarin dan Mentega?

4. Kandungan Lemak

Karena berasal dari bahan yang berbeda, maka margarin dan mentega pun memiliki jumlah kandungan lemak yang berbeda pula. Kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam mentega mencapai 80%. Sedangkan kandungan dalam margarin adalah lemak tak jenuh.

5. Tekstur

Tekstur antara keduanya pun berbeda. Mentega punya tekstur yang lebih padat. Oleh karena itu mentega cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis roti basah. Sedangkan tekstur margarin lebih lembek. Tekstur inilah yang kemudian membuatnya cocok jadi bahan roti kering.

Nah itu dia 5 perbedaan mentega dan margarin. Memang secara sekilas kedua bahan ini sangat mirip, bahkan dari warnanya juga demikian. Namun ternyata kedua bahan ini sama sekali berbeda bahkan secara kegunaannya dalam masakan pun sangat berbeda. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam membedakan antara margarin dan mentega ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading