Sukses

Food

Tips Memasak Nasi Agar Putih, Pulen dan Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Nasi menjadi bahan makanan pokok setiap masyarakat Indonesia. Hampir semua orang akan makan nasi setiap harinya. Itu artinya, setiap orang juga kemungkinan besar akan masak nasi setiap harinya baik untuk diri sendiri atau untuk anggota keluarga di rumah. 

Bicara mengenai memasak nasi, bisa dibilang memasak nasi adalah hal yang cukup mudah tapi juga susah untuk dilakukan. Kenapa susah? Ketika kita memasak nasi dengan cara yang kurang tepat, nasi akan cenderung keras atau terlalu lembek, tidak putih dan mudah basi. Lantas, bagaimana caranya memasak nasi agar makin putih, pulen dan tidak basi? Simak caranya berikut ini. 

Pemilihan Beras

Untuk dapatkan nasi yang pulen dan enak, hal pertama yang penting diperhatikan adalah pemilihan beras. Saat membeli beras, pilih beras yang berkualitas bagus, bersih dan tampak putih. Pilih juga beras dengan aroma yang segar alias tidak apek. Beras dengan kualitas bagus akan membuat Mom mendapatkan nasi yang berkualitas bagus pula.

Mencuci Beras

Saat mencuci beras, usahakan untuk mencuci beras hingga bersih. Cuci beras di bawah air mengalir. Atau Mom bisa mencuci beras di sebuah wadah kemudian membuang air cucian beras di dalam wadah hingga beberapa kali sampai air cucian beras cukup bening. Beras yang dicuci hingga bersih akan lebih putih, pulen dan tidak mudah basi setelah dimasak.

Tambahkan Air Lemon

Tambahkan air lemon ke dalam air untuk memasak nasi. Menambahkan air lemon ini akan membuat nasi terlihat makin putih, pulen dan tidak mudah basi. Kamu cukup menambahkan satu sampai dua sendok air lemon ke dalam panci berisi beras yang hendak dimasak.

Tambahkan Daun Pandan

Mom bisa menambahkan daun pandan untuk dapatkan nasi yang lebih pulen dan wangi. Caranya cukup mudah, cuci bersih daun pandan kemudian ikat dan tambahkan ke dalam panci untuk memasak nasi. 

Perbandingan Air dan Beras yang Tepat

Usahakan untuk memasak nasi dengan perbandingan air dan beras yang tepat. Hindari memasak nasi dengan takaran air terlalu berlebih karena bisa bikin nasi lembek. Juga, hindari memasak nasi dengan air terlalu sedikit karena nasi akan lebih keras.

Aduk Nasi Setelah Matang

Usahakan untuk mengaduk nasi setelah matang. Aduk nasi secara merata akan membuat nasi menjadi lebih pulen dan tidak mudah basi. Ini juga membuat tekstur nasi lebih cocok di lidah.

Itulah beberapa tips memasak nasi agar lebih putih, pulen dan tidak mudah basi. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading