Sukses

Food

4 Tips Masak Nasi Lemak yang Gurih dan Bikin Nagih

Fimela.com, Jakarta Nasi lemak merupakan salah satu menu makanan negara tetangga tepatnya Malaysia. Nasi lemak mungkin mirip dengan nasi uduk di Jakarta atau sego gurih kalau di Jawa Tengah dan Timur. Nasi lemak sebenarnya mudah dibuat karena bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah didapat, tapi jika ingin membuat nasi lemak yang istimewa, coba sekian tips masak nasi lemak berikut ini.

1. Pilih beras yang berkualitas

Memilih beras yang berkualitas baik adalah syarat utama jika ingin membuat nasi lemak yang enak. Jika ingin tekstur nasi lembut dan pulen di mulut, pilih beras yang pulen. Jika lebih suka hasil pera, boleh saja menggunakan beras yang hasil nasinya pera, apalagi umumnya nasi lemak memang agak pera. Bisa menggunakan beras basmati atau beras berkualitas lainnya yang menghasilkan nasi pera.

2. Santan segar

Umumnya santan segar lebih mampu memberikan cita rasa yang lebih enak dibandingkan menggunakan santan instan. Pilih parutan kelapa tua untuk diambil santan kentalnya saja. Sebagai tambahan, tuang air secukupnya untuk membuat santan cair dari sisa perasan santan kental.

3. Rempah yang lengkap

Bumbu nasi lemak akan lebih gurih dan nikmat jika diberikan secara lengkap. Ada bumbu berupa daun salam, daun jeruk, jahe, serai dan bahkan daun pandan yang mampu memberikan aroma sedap dan nikmat. Jika bumbu rempahnya kurang, rasa nasi lemak juga akan berkurang nikmatnya.

4. Lauk pelengkap

Salah satu hal yang membuat nasi lemak disebut nasi lemak tidak lepas dari peran lauk dan sambal pelengkapnya. Ada banyak lauk pelengkap saat nasi disajikan, seperti ikan teri goreng, kacang tanah goreng, sambal manis dan telur rebus, lalapan mentimun, serundeng hingga ayam goreng. Jangan lupa juga menabur bawang goreng di atas nasi agar makin harum aromanya.

Itu dia sekian cara atau tips memasak nasi lemak yang enak. Yuk coba sendiri di rumah!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading