Sukses

Food

5 Jenis Kacang yang Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Kacang-kacangan adalah makanan ringan penambah energi yang dikemas dengan lemak dan protein sehat. Kacang sering diolah menjadi berbagai makanan seperti selai, bumbu untuk makanan berat, hingga dimakan utuh. Kacang disukai banyak orang walaupun beberapa orang memiliki alergi kacang. Mengonsumsi kacang dapat membantu memenuhi serat yang dibutuhkan tubuh. Ada lebih dari 50 jenis kacang di seluruh dunia dan lebih dari 20 jenis kacang dapat dimakan seperti kacang tanah, mede, hingga kenari.

Melansir dari Mindbodygreen, beberapa jenis kacang memiliki keunggulan tersendiri. Manfaat yang diberikan tak hanya untuk kesehatan tubuh namun juga untuk kecantikan kulit. Apa saja kacang tersebut dan manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Kacang Almond : Mencegah Penuaan

Almond adalah kacang yang paling banyak mengandung vitamin E. Kandungan ini bersifat antioksidan yang mendukung kesehatan kulit dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, sinar UV, asap rokok, dan lainnya. Studi menemukan bahwa kacang almond mampu membantu melawan penuaan dan mengurangi kerutan pada kulit. Bapi penderita penyakit kulit atau hiperpigmentasi kulit dapat mengonsumsi kacang almond untuk meredakan masalah kulit.

2. Kacang Tanah : Menghilangkan Stres

Penelitian membuktikan secara teknis bahwa kacang tanah mengandung banyak manfaat kesehatan. Mengonsumsi 25 gram kacang tanah setiap hari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol karena jumlah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda pada kacang tanah. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dalam kacang tanah dapat membantu mengurangi tingkat stres serta meningkatkan daya ingat.

3. Kacang Mete : Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kacang mete memiliki kelembutan dalam rasa saat dikunyah mentah atau dalam bentuk mentega. Selain kaya rasa, kacang mete juga kaya nutrisi. Didalamnya terkandung magnesium yang mendukung relaksasi otot, fungsi saraf, dan produksi energi. Lalu juga terdapat zat besi yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh serta mampu membantu mengurangi kadar kolesterol yang dengan demikian menjaga tingkat tekanan darah tetap stabil.

4. Kacang Kenari : Kesehatan Otak

Kacang kenari yang memiliki bentuk seperti otak ternyata merupakan jenis kacang yang paling baik untuk kesehatan otak. Penelitian menunjukkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat dari kenari dapat berperan dalam melindungi otak dari penurunan kognitif.

5. Kacang Macadamia : Menurunkan Kolesterol

Kacang macadamia adalah kacang yang tinggi lemak. Sekitar 80% lemak dalam kacang macadamia adalah lemak tak jenuh tunggal yaitu lemak sehat yang dikenal dapat menurunkan kolesterol.

Konsumsi kacang sebagai camilan atau makanan olahan lainnya tak hanya nikmat, namun juga bermanfaat bagi tubuh. Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat lainnya untuk menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading